Muhammadiyah Dukung Kebijakan Sekolah Lima Hari

jabarekspres.com,SUBANG– Muhammadiyah tetap memberikan dukungan sepenuhnya terhadap kebijakan Mendikbud, Muhadjir Effendy tentang Permendikbud No. 23 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pendidikan karakter melalui lima hari sekolah.

“Kami yakin Mendikbud Prof Muhadjir Effendy telah mengambil kebijakan yang benar dan tepat dalam mengimplementasikan kebijakan Presiden untuk keberhasilan pendidikan karakter,” kata pengurus Pimpinan Daerah Muhammadiyah Subang, Suhaerudin SAg, Senin (10/7).

Dia mengatakan, Mendikbud Muhadjir Effendy dikenal sebagai ahli pendidikan yang basis akademiknya kuat. Bahkan pengalamannya di dunia pendidikan luas. Sehingga diyakini keputusannya berada di jalur kebijakan yang kuat, taat asas, dan konstitusional.

Sebagai menteri, kata Suhaerudin, Muhadjir Effendy sudah semestinya mendapat dukungan dari presiden atas kebijakan yang telah dikeluarkannya. Sehingga Muhammadiyah berharap agar presiden memberikan penguatan, memback-up, melindungi, dan mendukung sepenuhnya kepada Mendikbud atas kebijakannya.
“Karena pada dasarnya kebijakan tersebut menjalankan kebijakan pendidikan karakter yang menjadi komitmen pemerintahan Jokowi-JK untuk diimplementasikan,” ungkapnya.

Jika dirujuk pada Permendikbud No. 23 Tahun 2017, tampak sekali kuatnya dasar aturan dan pertimbangan yang dijadikan pijakan. Sehingga apa yang dilakukan Mendikbud sepenuhnya melaksanakan kebijakan Presiden.

Sementara itu rencana menaikkan Permendikbud menjadi Perpres, jelas Suhaerudin, maka seyogyanya untuk menyempurnakan dan memperkuat kebijakan yang telah diambil Mendikbud, dan sebaliknya tidak mengaburkan, memperlemah atau membatalkan.

Lebih lanjut ia mengatakan, kebijakan pendidikan di Indonesia perlu lebih dinamis dan progresif untuk penguatan pendidikan karakter dan membangun daya saing bangsa, agar tidak kalah oleh bangsa-bangsa lain.
“Karenanya apa yang telah diambil kebijakan oleh Mendikbud dapat menjadi bagian dari revitalisasi pendidikan nasional menghadapi era persaingan global,” jelasnya.(ysp/din)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan