Minta ASN Tingkatkan Kinerja-Pelayanan Publik

jabarekspres.com, SUKABUMI – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Menpan RB Asman Abnur meminta, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi untuk focus pada perbaikan layanan publik dan memperbaiki kinerja. Sebab, dua hal tersebut bisa memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang prima.

”Keberadaan ASN di setiap daerah diharapkan dapat melayani rakyat dengan baik dan tanpa pamrih. Sehingga kehadiran birokrasi ini benar-benar tidak menjadi beban buat masyarakat,” ungkap Asman Abnur saat menghadiri Milad Zakat Infaq dan Sadakah (ZIS) Desa Nanggerang, Sukabumi, Jawa Barat, kemarin (21/5).

Menteri Asman juga me­minta, bupati Sukabumi untuk mengintruksi seluruh ASN-nya agar dapat memberikan pe­layanan kepada masyarakat dengan sebaik mungkin.

”Dengan adanya perbaikan layanan, maka urusan-urusan publik seharusnya tidak lagi konservatif, tapi disesuaikan dengan kebutuhan masyara­kat. Pendekatan seperti ini yang harus dilakukan oleh seluruh ASN di seluruh Indo­nesia,” tegasnya.

Asman menegaskan, dengan dua pendekatan tersebut, masyarakat akan merasa nyaman dan tidak dibebani oleh apapun. ”Dengan de­mikian, kualitas kerja para ASN ini bisa dipertanggung­jawabkan dan juga dapat menjadi panutan bagi masy­arakat, dan semua ini bisa dikatakan sebagai ASN mo­dern,” tuturnya.

Asman memaparkan, per­baikan layanan publik sang­atlah penting dilakukan. Namun harus dibarengi dengan perbaikan sumber daya manusia. ”ASN harus banyak update informasi dengan pelatihan dan system,” tegasnya. (adv/dit/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan