Mewakili Jabar, Desa Biru Siap Bersaing Ditingkat Nasional

jabarekspres.com, MAJALAYA – Salah satu tahapan dalam mengikuti lomba desa tingkat nasional, Desa Biru yang terletak di Kecamatan Majalaya Kabupaten Bandung telah dilakukan rechecking evaluasi oleh panitian untuk tahapan lomba desa tingkat nasional mewakili Jabar.

Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat M.A Afriandi mengungkapkan, diikut sertakan Desa Biru Kecamatan Majalaya adalah salah satu dari 5.312 Desa di Jawa Barat yang memenuhi kriteria pada lomba desa tingkat Nasional.

Dirinya menyebutkan dari 5.312 desa yang ada di Jabar lomba desa menghasilkan 18 Kabupaten dan 19 Kota. Setelah hasil penilaian dan rapat pleno, hanya 4 Kabupaten yang lolos yakni Kabupaten Bandung, Bekasi, Indramayu dan Kabupaten Pangandaran

Menurutnya, penilaian lomba desa 2017 tersebut dilakukan berbeda dari tahun sebelumnya. Tahapan yang dilakukan tahun lalu, hanya menilai administrasi dan kinerja dari tingkat desa atau kelurahan.

Sedangkan untuk tahun 2017, penilaian dilakukan mulai dari administrasi , kinerja pemerintahan desa Kabupaten bersangkutan, Kecamatan lalu ke tingkat desa dan kelurahan. Sehingga, jika tingkat kabupaten tidak bisa menunjukan dokumen administrasi yang jelas sesuai dengan kondisi lapangan, maka akan mempengaruhi penilaian

“Jadi ada indikator lain yang dijadikan penilaian yakni dari kinerja pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan. Sebagai nilai,” tambah ucapnya,

Selain itu, sebuah desa juga harus memilki sistem siaga bencana, kawasan investasi yang menjanjikan dan hadirnya terobosan inovasi dari Kepala Desa sendiri dalam bentuk program desa untuk masyarakat.

Selain itu, pada penilaian tahap akhir akan ada, uji kompetensi bagi Kepala BPD, Ketua PKK dan kompetensi kemampuan Kepala Desa dalam menyampaikan ekspose wilayahnya

“Jadi kita nanti pengen tahu terobosan atau inovasi apa saja yang sudah dilakukan,” ucap dia

Menanggapi hal itu, Wakil Bupati (Wabup) Bandung Gun Gun Gunawan, mengapresiasi dan bangga, Kabupaten Bandung lolos 4 besar lomba desa, yang nantinya akan mewakili Jabar di tingkat nasional.

Menurutnya, keberhasilan tersebut merupakan kerja keras bersama seluruh jajaran yang terlibat. Dia berharap, Desa Biru bisa menjadi percontohan untuk desa lain di Kabupaten Bandung, dalam menjalankan pemerintahannya yang baik, penataan dan pengelolaan kewilayahan juga kemasyarakatannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan