Meski Kekeringan, Ketahanan Pangan Aman

jabarekspres.com, SOREANG -Ketahanan pangan di Kabupaten Bandung untuk 4 bulan ke depan dinyatakan aman. Hal itu dikatakan kepala Dinas Pertanian (Distan) Tisna Umaran di Soreang, kemarin (23/8).

“Kita tahu bahwa kekeringan yang melanda 16 Kecamatan, yakni Cikancung, Rancaekek, Majalaya, Solokanjeruk dan 12 Kecamatan lainnya, sudah kita antisipasi kondisi pangannya. Jadi meski kekeringan,  pangan kita aman hingga sekitar 4 bulan ke depan ,”katanya.

Tisna mengatakan, swasembada pangan yang surplus di  Kabupaten Bandung, tidak lepas dari peran petani. Karena itulah, pada peringatan Hari Krida Pertanian  (HKP) ke-45, sebanyak 600 orang peserta yakni, penyuluh pertanian PNS 54 orang, THL penyuluh pertanian 140 orang.

“Selain itu ada 31 kelompok tani, 31 kelompok Gapoktan, penyuluh swadaya 31 orang, pelaku utama 293 orang juga pelaku usaha sebanyak 20 orang dari 14 UPT (Unit Pelayanan  Teknis) menjadi 24 stan pameran,” terangnya

Tisna berharap, HKP dapat menjadi momentum penting untuk melakukan konsolidasi, pengembangan, tukar informasi, apresiasi, kemitraan juga promosi bagi seluruh pihak yang terlibat dalam dunia pertanian.

“Semoga HKP ini bisa jadi ajang kemitraan intuk pengembangan pertanian, serta mampu mewujudkan ketahan pangan dengan peran kelompok wanita tani (KWT), melalui usaha tani mulai dari budidaya, masa panen, pengolaan dan pemasaran yang diharapkan bisa diekspor” tukasnya

Bersamaan dengan itu, Bupati Bandung Dadang Mn Naser mengaku, kondisi pangan di Kabupaten Bandung sudah surplus. Dia berharap dengan peringatan HKP , akan muncul para petani yang memiliki cipta karsa dan karya untuk pembangunan di bidang pertanian dan pangan.

“Kita dukung petani untuk peningkatan sektor ekonomi juga. Selain itu kita harus mendorong penyuluh pertanian, peternakan, pelaku utama dan usaha agribisnis untuk produktivitas sumberdaya  secara lokal,” ucapnya.

HKP yang diperingati setiap tanggal 21 Juni tersebut, harus berindikasi luas, baik untuk masyarakat, pemerintah juga sektor ekonomi. Menurutnya sektor pertanian di Kabupaten Bandung harus dikuatkan, salah satunya dengan memanfaatkan berbagai teknologi yang ada.

“Pertanian ini sektor yang harus dikuatkan , karena menyangkut keberlangsungan kehidupan manusia. Saya harap program untuk peningkatan pertanian bisa didukung, termasuk bantuan untuk para petani kita,” imbuh Dadang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan