Mempertegas Kutukan El Pupas

jabarekspres.com, MADRID – Derby Madrileno empat tahun beruntun meramaikan persaingan fase knockout di Liga Champions. Dari empat kali dipertemukan dengan Real Madrid, tidak sekalipun Atletico Madrid mampu mendapatkan peruntungannya. Dari empat kali duel cuma sekali hasil imbang didapat Atletico. Sisanya? Kalah!

Nah, bagaimana dengan bentrok kelimanya di Liga Champions dalam leg pertama fase semifinal di Santiago Bernabeu, Madrid dini hari nanti WIB? (Siaran Langsung SCTV/ beIN Sport 1 jam 01.45 WIB). Sekali lagi gagal menang, maka akan mempertegaskan kutukan yang bernama El Pupas di Los Rojiblancos – julukan Atletico.

El Pupas berarti yang tersial. Itu julukan yang diberi Presiden Atletico Vicente Calderon pasca gagal juara pada final European Cup 1973-1974. Atletico belum mampu melepaskan diri dari kutukan El Pupas itu sampai sekarang, dan selalu terganjal di tangan Real. Musim lalu Los Blancos – julukan Real – mengalahkannya di final.

”Kami sangat antusias dengan peluang kami. Kami paham bahwa laga ini bakal berjalan sangat sulit, bukan hanya bagi kami, begitu juga bagi mereka,” ungkap gelandang Atletico Saul Niguez sebagaimana dilansir Associated Press. Atletico bermodal rekor tidak terkalahkannya di laga tandang dalam fase knockout musim ini.

Gabi dkk tidak terkalahkan dari dua laga fase knockout. Mengalahkan Bayer Leverkusen di Bay Arena, Leverkusen, 4-2 pada babak 16 Besar (22/2). Kemudian, pada perempat finalnya, ganti Leicester City yang ditahan imbang 1-1 di King Power, Leicester, 19 April. Tak hanya itu. Musim ini pun Atletico belum pernah kalah di Santiago Bernabeu.

Pada jornada 31 La Liga, Atletico menahan Real 1-1 di sana. Fakta menunjukkan, begitu Real gagal menuai kemenangan pada leg pertama semifinal Liga Champions di kandangnya, di leg kedua mereka bakal kesulitan untuk memenangi laga. Sebaliknya, menyerah dari Real pada leg pertama ini, maka leg kedua akan makin rumit.

Hanya, itu tak mudah. Meski punya modal sembilan cleansheet dari 13 laga sepanjang di Liga Champions musim ini, dan termasuk pertahanan terbaik bersama Juventus dengan bobol 4 gol, pertahanan Atletico diuji. Sebab, jelang laga ini, Atletico kehilangan pilar-pilar pertahanan, seperti Juanfran, Sirne Vrsaljko, dan yang terbaru Jose Gimenez. Ketiga pemain tersebut absen karena cedera. ”Kami akan mencari solusi untuk laga ini,” kata pelatih Atletico Diego Simeone.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan