Mayoritas Daerah Berpredikat Kota Layak Anak

jabarekspres.com, BANDUNG – Kinerja Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) dalam memberdayakan dan melindungi anak kian membuahkan hasil gemilang. Bahkan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan RI Yohana Yembise menyatakan, ada 15 kabupaten/kota di Provinsi Jabar yang dinobatkan Kota Layak Anak.

Jumlah kabupaten dan kota di Jabar yang ‘layak anak’ itu, boleh dibilang paling banyak dibandingkan provinsi lain. Dalam peringatan Hari Anak Nasionak (HAN) 2017 di Provinsi Riau, belum lama ini, hanya ada 126 dari 514 kabupaten dan kota di Indonesia yang dinyatakan Kota Layak Anak oleh pemerintah pusat.

Dari 126 kabupaten dan kota itu, sebanyak 15 di antaranya berasal dari Jawa Barat. Tahun lalu, pemerintah pusat hanya menetapkan enam kabupaten dan kota di Jabar yang layak anak. Berkat kerja sama di antaranya dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Pemprov Jabar berhasil mendulang kemajuan lebih dari dua kali lipat.

Kabupaten dan kota yang dinyatakan Kota Layak Anak itu, yakni Kota Depok, Kabupaten Bogor, Kota Bandung, Kota Bekasi, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Cianjur, Kota Banjar, Kabupaten Bandung, Kota Bogor, Kabupaten Kuningan, Kota Sukabumi, Kota Cimahi, dan Kabupaten Bandung Barat.

Penganugerahan diberikan atas hasil penilaian terhadap 24 indikator Kinerja Kota Layak Anak yang diurai pada 135 variabel. Yohana mengapresiasi pemerintah daerah yang dinobatkan sebagai Kabupaten/Kota Layak Anak tahun 2017.

Yohana pun menegaskan, keberhasilan kabupaten dan kota itu tidak terlepas dari peran Pemprov sebagai penggerak dalam mewujudkan kabupaten dan kota menjadi kawasan yang ramah anak. ”Peran pemprov sangat besar atas keberhasilan kabupaten dan kota yang menerima anugerah tersebut,” kata Yohana di Riau, belum lama ini.

Selain 15 kabupaten dan kota yang dianugerahi Kota Layak Anak, khusus Provinsi Jabar dianugerahi pula sebagai provinsi yang sukses dalam ”Pengembangan Forum Anak Terbaik” untuk wilayah barat dan sebagai ”Provinsi Penggerak Kabupaten/Kota Layak Anak”. Penghargaan diterima langsung Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan.

Adapun penganugerahaan pada kategori ‘Akta Kelahiran Anak Pratama” yang diberikan kepada Kabupaten/Kota yang menggalakkan pembuatan Akta Kelahiran di wilayah kerjanya. Di Jawa Barat, penghargaan ini berhasil diraih oleh Kabupaten Bandung dan Kabupaten Karawang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan