Masuk Radar Rawan Bencana, Kabupaten Bandung Makin Waspada

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung menggelar apel siaga bencana dengan melibatkan ratusan relawan gabungan. Acara yang dipusatkan di Dome Balerame Gedung Budaya Sabilulungan Soreang Kamis (20/12/2017)

Dalam kegiatan apel bencana BPBD menampilkan teater kesiagaan dan kreasi seni beladiri dari komunitas, relawan bencana kabupaten Bandung.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengatakan, kabupaten Bandung dinyatakan rawan bencana ke 11 di Jawa Barat sehingga kesiapsiagaan terus dilakukan. Apalagi sekarang musim penghujan, dan kemarin digoyang gempa bumi yang terpusat di kabupaten garut dan terbesar di kabupaten tasikmalaya.

“Dari 31 kecamatan di kabupaten Bandung, beberapa wilayah kecamatan yang rawan bencana, diantaranya 24 kecamatan rawan banjir, 16 kecamatan rawan longsor dan angin puting beliung,” kata Dadang M Naser kepada wartawan usai menghadiri apel siaga bencana di Soreang.

Menurutnya kesiapsiagaan bencana terus diserukan kepada masyarakat melalui pemerintahan desa dan kecamatan, agar masyarakat selalu siap siaga. Selain itu, dirinya mengajak kepada warganya agar selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah semabarangan dan menjaga alam.

“Buanglah sampah pada tempatnya, dan jagalah alam. Kalau kita menjaga alam, alam pasti menjaga kita,” pungkasnya.

Laporan: Erus Rustandi

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan