Marquez Raih Start Terdepan Di MotoGP Jerman

jabarekspres.com – Juara dunia bertahan Marc Marquez akan start terdepan untuk kedelapan kalinya secara beruntun di Sachsenring. Valentino Rossi meraih posisi start kesembilan.

Kualifikasi MotoGP Jerman, Sabtu (1/7), berlangsung dalam kondisi trek basah. Akan tetapi, para pembalap justru tampil habis-habisan, terutama Marquez yang mampu mempertajam catatan waktunya untuk mempertahankan status pole-sitter.

Sesi diawali Jorge Lorenzo pada posisi teratas. Namun, posisinya lalu direbut Danilo Petrucci. Pembalap Pramac Racing ini tampil begitu solid sepanjang kualifikasi. Bahkan, ia tercatat dua kali memperbaiki catatan waktunya. Pada saat ini, Rossi dan rekan setim Maverick Vinales terlempar dari 10 besar.

Lima menit tersisa, Marquez mulai muncul sebagai rival terdekat Petrucci. Ia naik ke posisi kedua. Selang tiga menit kemudian, pembalap Repsol Honda itu meningkatkan catatan waktunya.

Tepat berakhirnya kualifikasi, Petrucci mencoba merebut posisi pertama, tapi gagal membuahkan hasil. Ia tetap berada di posisi kedua, sedangkan Marquez justru mempertajam menjadi 1 menit 27,302 detik di trek Sachsenring yang basah.

Ini merupakan pole position kedelapan secara beruntun bagi Marquez, yang selalu start terdepan di Sachsenring sejak debut di kelas 125cc pada 2010.
Sempat terjadi insiden senggolan antara Marquez dan Vinales pada pertengahan sesi. Bahkan, usai kualifikasi berakhir, Vinales menghampiri Marquez, dan keduanya pun terlibat adu argumen. Entah apa yang dibicarakan, tapi boleh jadi perihal senggolan saat kualifikasi.

Dani Pedrosa melengkapi Repsol Honda di baris depan, diikuti pembalap satelit LCR Honda, Cal Crutchlow. Rookie Yamaha Tech 3, Jonas Folger, menempati posisi start kelima.

Pembalap Ducati, Jorge Lorenzo, meraih hasil positif. Ia akan start dari posisi keenam. Begitu pula dengan pembalap KTM, Pol Espargaro. Setelah berhasil merebut tiket Q2 saat menjalani Q1, ia meraih posisi start ketujuh, di depan kakak laki-lakinya, Aleix Espargaro.

Rossi harus puas start kesembilan dengan catatan waktu terbaik 1 menit 28,669 detik. The Doctor sendiri tampak kesulitan sepanjang kualifikasi. Sempat berada di posisi kesembilan, tapi lalu digusur para pembalap lainnya.

Andrea Dovizioso start ke-10, di depan Vinales, yang lebih lambat 1,521 detik. Sedangkan posisi start ke-12 diisi pembalap Aspar, Alvaro Bautista.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan