Luhut: Ide Pak Dahlan Iskan Sangat Benar

jabareskpres.com, SURABAYA – Tekad agar Indonesia menjadi produsen mobil listrik disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Jenderal TNI (pur) Luhut Binsar Pandjaitan kemarin (18/7). Menurut Luhut, ide dan gebrakan Dahlan Iskan untuk terciptanya mobil listrik sangat tepat. Karena itu, apabila sempat mengendur, kini proses harus didorong lagi. Jika tidak, Indonesia hanya akan menjadi pasar bagi negara-negara yang sudah memproduksi lebih dulu.

Hal itu disampaikan Luhut saat berkunjung ke rumah Dahlan Iskan di Surabaya kemarin sore (18/7). Mantan menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan tersebut menyempatkan diri mampir setelah melakukan kunjungan ke PT Barata Indonesia di Gresik.

Kunjungan dadakan itu membuat Dahlan terkejut. ”Saya tidak menyangka ada menteri yang berani mendatangi seorang terdakwa,” ucap Dahlan sambil tersenyum.

Mendengar hal tersebut, Luhut langsung menanggapi dengan jawaban khas Suroboyoan. ”Urusane opo, kan konco (tidak masalah, kan teman),” kata Luhut hangat.

Luhut menyempatkan diri melihat mobil listrik Tesla Model X yang terpakir di teras rumah Dahlan. Dia mengajukan beberapa pertanyaan tentang spesifikasi mobil ter­sebut. ’’Mobil listrik (di Indonesia, Red) harus didorong. Tidak ada emisinya,” katanya sambil menatap Tesla.

Dahlan membuka kap depan sedan sekelas Mercy tersebut. Isinya kosong. Fungsinya un­tuk bagasi, sama dengan isi kap belakang. Tidak seperti kendaraan konvensional yang kap depannya dipenuhi me­sin dan perangkatnya. ”Bate­rai ada di bawah,” ucap Dah­lan.

Mantan menteri BUMN itu menjelaskan, sekali mengisi daya, Tesla miliknya tersebut bisa menempuh jarak hingga 500 kilometer. Akselerasi mo­bil listrik juga jauh lebih bagus daripada motor bakar.

Luhut sependapat dengan Dahlan tentang betapa ma­junya teknologi mobil listrik saat ini. Karena itu, pemerin­tah sedang mendorong agar Indonesia memiliki mobil listrik. Sebab, bagaimanapun, bahan bakar minyak akan habis. Sumber energi itu juga mengeluarkan emisi yang berdampak buruk pada ling­kungan. Sebaliknya, mobil listrik tidak mengeluarkan emisi yang mencemari ling­kungan.

”Karena itu, ide Pak Dahlan dulu mendorong terwujudnya mobil listrik sudah sangat benar. Bukan hanya benar, tapi sangat benar,” tegas Luhut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan