Lomba Cerdas Cermat 4 Pilar MPR RI

bandungekspres.co.id, CIPARAY – Anggota MPR RI dari Fraksi Partai Demokrat, Dede Yusuf Macan Effendi menggelar sosialisasi 4 Pilar bersama kalangan para pelajar se-Kecamatan Ciparay melalui Lomba Cerdas Cermat (LCC) 4 Pilar MPR RI, pada Kamis (16/2).

Menurutnya kegiatan tersebut dilaksanakan untuk mensosialiasikan nilai-nilai luhur 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara sebagaimana diamanatkan oleh Undang-Undang.

PEMENANG UTAMA: Para juara LCC di kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Kamis (16/2).
PEMENANG UTAMA: Para juara LCC di kegiatan sosialisasi 4 pilar kebangsaan, Kamis (16/2).

Kegiatan tersebut diikuti 150 peserta dari 5 sekolah di Kecamatan Ciparay, yakni SMA Yapi Al-Husaeni, SMA KP 1 Ciparay, SMA Tunas Baru, MAN 1 Bandung serta tuan rumah SMAN 1 Ciparay. Bukan hanya LCC, namun sosialisasi ini juga dimeriahkan dengan adanya lomba Musikalisasi Puisi, Lomba Pidato dan Lomba Yel-Yel 4 pilar dari tiap perutusan sekolah.

Acara sosialisasi diselenggarakan di Aula Gedung Serbaguna SMA Negeri 1 Ciparay. Antusias bukan hanya datang dari peserta, tetapi juga para guru-guru pembina yang ikut serta menyaksikan acara sosialiasi 4 pilar MPR RI.

Dede Yusuf menyampaikan jika kegiatan LCC Empat Pilar MPR merupakan salah satu metode yang sangat efektif bagi generasi muda, khususnya kalangan pelajar untuk mensosialisasikan empat pilar MPR RI yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

Dia beralasan hal itu dapat memacu motivasi siswa untuk mendalami nilai-nilai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara serta mengimplementasikan nilai-nilai luhur tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Dimulai dari hal-hal kecil, lanjut Dede, seperti menjaga kerukunan dikalangan teman, saling tolong  menolong, menghargai perbedaan pendapat diantara sesama, itulah salahsatu esensi tujuan kegiatan sosialiasi empat pilar ini.

”Kami berharap bahwa kegiatan Lomba Cerdas Cermat Empat Pilar MPR RI akan melahirkan generasi-generasi muda yang paham dan melaksanakan nilai-nilai luhur bangsanya. Serta memperkuat ikatan kebangsaan generasi muda di Indonesia,” kata Dede dalam sambutannya di sosialisasi 4 pilar MPR RI, Kamis (16/2).

Sementara itu, salahsatu peserta kegiatan sosialisasi empat pilar, Senja Namira yang berasal dari SMA YAPI AL-HUSAENI mengungkapkan, rasa senangnya karena dapat mengikuti kegiatan sosialisasi 4 pilar ini. selain menambah wawasan tentang nilai-nilai kebangsaan, kegiatan ini menjadi silaturahmi dan ajang prestasi bagi kalangan pelajar di Kecamatan Ciparay. (adv/yul/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan