Libatkan Pramuka untuk Seribu Kampung

jabarekspres.com, SOREANG – Untuk menyukseskan program seribu kampung yang digagas Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Naser. Keberadaan pramuka akan ikit dilibatkan untuk percepatan program tersebut.

Dirinya menilai, keberadaan pramuka dari mulai Pandega maupun penegak nantinya akan berpartisipasi aktif terhadap program tersebut.

“Pramuka itu anak sekolah dan mahasiswa mereka memiliki ide-ide kreatif, jadi kalau dilibatkan pasti akan semakin baik,”jelas Dadang ketika ditemui kemarin (30/10)

Menurutnya, keterlibatan pramuka bika dilakukan dengan cara mengadakan kegiatan di kampung-kampung. Bahkan, bisa berbaur dengan masyarakat setempat.

Dengan begitu, harapanya akan membantu mempromosikan keunikan-keunikan yang ada di kampung tersebut dengan cara memperkenalkan melalui Media Sosial (Medsos).

“Jadi dengan dilibatkan Pramuka dalam membangun kampung diharapkan akan menjadi penggerak bagi masyarakat setempat untuk bersama-sama membangun,”kata dia.

Untuk itu, kepada Dewan Kerja Cabang (DKC) Pramuka untuk membuat program sinergis yang bisa melibatkan pramuka dengan program Pemkab Bandung mengenai pengenalan seribu kampung.

“Silahkan bikin kegiatannya yang bisa di kolaborasikan untuk menyukseskan program ini,”cetus Dadang.

Dadang menambahkan, keberadaan Pramuka yang sudah menjadi bagian dari kegiatan ekstrakulikuler harus tetap dipertahankan. Sebab, Selama ini sangat mambantu dalam mendidik membentuk karakter anak usia sekolah.

Dengan mengikuti Pramuka yang sering dilakukan di luar ruangan akan memotivasi anak-anak lebih mandiri, berani, dapat bekerjasama, dan mendidik untuk berkreasi.

Untuk itu, Pramuka yang sudah menjadi progra disetiap sekolah harus menjadi kegiatan yang aktif agar menciptakan karakter siwa yang bependirian teguh dan memiliki budi pekerti.

Dalam kesempatan tersebut, orang nomer satu di Kabupaten Bandung ini juga membuka acara kemah bersama dalam rangka Raimuna Cabang Kabupaten Bandung ke XVI di Rancaupas Camp, Kecamatan Rancabali yang berlangsung dari tanggal 24-28 Oktober 2017.

Kegiatan itu diikuti sekitar 2000 orang sebagai ajang temu karya pramuka Pandega dan Penegak untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM). Sehingga, akan terkumpul kreativitas, ide dan gagasan dari kalangan pemuda. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan