Legitimasi Usulan Warga di Musrenbang

bandungekspres.co.id, CIMAHI –  Pemerintah Daerah Kota Cimahi melaksanakan Kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kota Cimahi, di Gedung technopark,  Jl. Baros, Selasa (28/2).

Pelaksana tugas Wali kota Cimahi Sudiarto menyampaikan musrenbang tingkat Kota Cimahi merupakan forum legitimasi dari hasil FGD Musrenbang tingkat kota sebelumnya dan merupakan acara untuk menyepakati rumusan yang menjadi masukan untuk penyusunan rancangan RKPD dan rancangan kerja SKPD Tahun 2018.

Sebut dia, dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor  23 tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, yang mengatur pembagian kewenangan urusan pusat dan daerah, maka harmonisasi dan keselarasan program dan kegiatan perencanaan pembangunan antara pusat dan daerah menjadi faktor kunci yang turut menentukan keberhasilan pencapaian pembangunan. ”Dengan demikian, perencanaan pembangunan yang disusun haruslah memerhatikan rencana pembangunan nasional dan juga rencana pembangunan regional provinsi,” ungkap Sudiarto.

Lanjutnya, Pemerintah Daerah melalui perangkat daerahnya untuk dapat berperan aktif dalam mengalokasikan pembiayaan yang dapat membiayai pembangunan, tidak hanya dari APBD kota akan tetapi juga pembiayaan yang bersumber dari pemerintah pusat, pemerintah provinsi, atau pun bersama-sama pihak swasta melalui skema kemitraaan dengan swasta atau disebut juga public private partnership.

”Pemerintah Kota Cimahi juga dituntut untuk lebih kreatif dalam merencanakan pembangunan daerahnya dengan mengusulkan program dan kegiatan kepada pemerintah pusat melalui kementerian/lembaganya ataupun juga pemerintah provinsi Jawa Barat,” imbuhnya.

Usulan tersebut tahun ini telah dilaksanakan secara daring (online) melalui aplikasi yang disebut dengan e-planning. apabila usulan-usulan tersebut sesuai dengan harmonisasi diterima dan program kegiatan pusat dan daerah maka tentunya diharapkan pemerintah pusat ataupun provinsi dapat mengalokasikan pembiayaan pembangunan tersebut ke kota cimahi yang pada akhirnya dapat mengakselerasi pencapaian keberhasilan pembangunan. “Dalam seluruh pelaksanaan rangkaian musrenbang, pemerintah kota cimahi juga telah menggunakan sistem informasi manajemen perencanaan pembangunan daerah (simrenda) secara daring pula. dimana semua usulan program dan kegitan dari tingkat kelurahan, kecamatan, forum skpd dan tingkat kota dapat diinput  dan dipantau secara online. tentunya hal ini membawa berbagai kemudahan sehingga para pihak dapat memantau proses pengusulan program dan kegiatan. saat ini,” ujarnya. (bun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan