Learning Video Editing at PJTV Studio

8
DOKUMENTASI FOR ZETIZEN BANDUNG
KUNJUNGAN: Kepala Post Pro PJTV Dedi Fardiantara (keenam kii) foto bersama member Zetizen Community Bandung di ruang produksi PJTV, Jalan Jakarta, belum lama ini.

bandungekspres.co.id, BANDUNG – Baru-baru ini Zetizen di Bandung berkunjung ke salah satu kantor stasiun televisi di Bandung loh guys. Yap, itu PJTV. Stasiun televisi ini sudah tersohor di Kota Kembang. Di tempat ini pun kita bisa belajar bersama bagaimana proses sebuah pemutaran acara atau film di televisi.

Kantor ini baru aja pindah tempat lho. Dulu sih deket banget sama kantor Zetizen Bandung di Jalan Soekarno Hatta. Paling cuma 10 langkah doang loh jaraknya. Seriusan. But now, kantor PJTV udah pindah ke Gedung Lucky Square Lt. 1 Blok A2 – 05, Jl. Terusan Jakarta No.2, Bandung. Studio untuk siaran live dan proses editing sebelum di publish ke media televisi, ada disini.

Dedi Fardianta Kusuma, Kepala Post Pro PJTV ini menyampaikan semua proses editing yang ada dikantor PJTV itu berasal dari pihak produksi. “Sesudah dari produksi, masuk ke bagian produser. Kemudia beres dari bagian produser,wartawan dan fotografer serta videografer mencari apa saja aja yang dibutuhin buat nanti kita edit sama tim post pro yang lain dan disiarkan di layar televisi.” sampainya saat menyampaikan materi tentang proses editing video di salah satu ruangan PJTV saat itu.

Dia menjelaskan apa saja software dan peralatan yang digunakan selama proses editing video di kantornya. “Kita disini cuma pake 2 software untuk editing videonya. Kalau untuk editing fotonya beda lagi.” jelasnya. “Yang paling sulit atau ter-ribet itu kalo misalnya kita udah edit video dari awal sampe akhir, terus kita harus buat lagi dari awal karena nggak sesuai sama permintaan client. Tapi kan mau gimana lagi. Kita harus extra dalam melayani client.” tambahnya.

Hibalia Mawadda, Zetizen asal Bandung mengungkapkan kesannya saat mengikuti kunjungan industri ke PJTV. “Kesan main ke pjtv seru banget, apalagi ini kali pertama saya bisa dateng langsung ke studio tv dan melihat proses bekerja orang orang di belakang layar. Tentu nya mereka emang orang hebat menurut saya, karena memang harus memiliki kemampuan dan kesabaran tersendiri. Apalagi tadi kita di ajak buat liat proses editing yang bener bener rumit. Seru aja sih, udh gitu bisa ngobrol juga sama temen temen baru.”ungkapnya.(azu)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here