Lawan Hoax, PP Muhammadiyah Luncurkan AppsMu

jabarekspres.com, JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Pemuda Muhammadiyah ambil bagian dalam melawan berita bohong yang sekarang mewabah di media sosial (medsos). Organisasi kepemudaan itu pun meluncurkan aplikasi AppsMu untuk menangkal hoax.

Dalam aplikasi tersebut disediakan menu untuk menyaring berita-berita hoax. ”Aplikasi itu bisa menjadi filter untuk berita bohong,” terang Ketua PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak saat peluncuran AppsMu di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jalan Menteng Raya Nomor 62, Jakarta Pusat, baru-baru ini.

Menurut dia, ada operator khusus yang bertugas memfilter berita abal-abal di kalangan warga Muhammadiyah dan masyarakat secara umum. Pihaknya juga ingin bekerja sama dengan media massa yang getol memerangi hoax dan menyediakan rubrik khusus seperti Jawa Pos.

Aktivis kelahiran Aceh Timur tersebut menyatakan, aplikasi itu masih baru sehingga butuh disempurnakan. Ke depan, pihaknya juga terus melakukan penyempurnaan agar aplikasi tersebut makin efektif melawan berita bohong.

”Hoax bisa menciptakan disharmoni, bahkan merusak tatanan kehidupan berbangsa. Karena itu, berita hoax harus bersama-sama diperangi,” tutur ayah empat anak tersebut. (lum/c14/fat/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan