Lansia Harus Bahagia

jabarekspres.com, BANDUNG – Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) menginginkan seluruh Lanjut Usia (Lansia) yang ada di Bandung harus bahagia dan tidak boleh diterlantarkan.

Hal ini di tegaskan oleh Kasi Pemberdayaaan lansia DP3APM Sekar Puja widayanti yang mengatakan bahwa keberadaan Lansia harus dipenuhi hak-haknya seusuai dengan aturan perundang -undangan.

Menurutnya, DP3APM saat ini tengah menjalankan beberap program dengan membentuk divisi khusus untuk penanganan Lansia yang dicetuskan pada kongres lansia se-kota Bandung belum lama ini.

Selain hadir sesepuh kota Bandung, seperti ceu popong dan lainnya kongres tersebut membuat program yang dinamakan Bina Rohani Lansia dengan kegiatan pengajian rutin diadakan setiap Kamis pagi.

“Kita berikan siraman Rohani dan pemahaman keagaamaan secara rutin dan aktivitas sosial lainnya,”jelas Sekar ketika ditemui kemarin (30/8)

Selain itu, untuk meningkatkan kesehatan jasmani divisi lansia juga menggelar senam kesehatan khusus Lansia yang diadakan di taman Lansia jalan Diponegoro.

Untuk melaksanakan, program-program tersebut pihaknya telah bersinergi dengan berbagai pihak seperti Dispora, Beberapa Panti Jompo dan m pihak-pihak yang mendukung lainnya.

Selain itu, kegiatan talkshow dan dialog dengan lansia pihaknya secara rutin dilakukan, sehingga keberadaan Lansia dapat menumbang pemikiran-pemikiran dalam berbagai hal.

“Lansia itu suka berdialog, suka ngobrol dan bercerita mengenai pengalaman dan ini kita sangat memperhatikan,”ucap Sekar.

Dirinya mengatakan, untuk mempublis segala aktivitas dan kegiatan Lansia pihaknya telah menerbitkan majalah khusus lansia. Sehingga, ekstitensi mereka akan dimuat kedalam majalah tersebut.

“Dengan dimuat di Majalah kegiatannya, mereka merasa senang. Malah, ada yang pemikiran-pemikirannya ingi ditayangkan juga di majalah,”ujar dia.

Sekar menambahkan, untuk kagiatan hari Lansia tingkat kota Bandung akan diadakan lebih semarak dari tahun sebelumnnya seperti lomba Karaoke, Tata Rias, Fashion Show dan lainnya.

Dia pun berharap kepada Warga Kota Bandung bila melihat Lansia yang terlantar harap melaporkan ke dinas atau melalau komunitas lansia yang sudah terbentuk di setiap Kecamatan kota Bandung.

“kita ingin Bandung ini jadi kota layak lansia dan tidak ada Lansia yang diterlantarkan keluargannya,” Pungkas Sekar (pan/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan