Kualifikasi Dibatalkan, Vinales Start Terdepan di MotoGP Qatar

jabarekspres.com – Cuaca ekstrem yang menyelimuti Sirkuit Losail pada Sabtu (25/3) memaksa Race Direction akhirnya membatalkan sesi kualifikasi MotoGP Qatar. Situasi itu membuat Maverick Vinales berhak menempati posisi start terdepan pada balapan yang digelar Senin (27/3) dini hari WIB.

Hampir sepanjang hari, Sirkuit Losail memang diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Tak cuma itu, sambaran petir dan angin kencang juga membuat jadwal sesi free practice 4 dan kualifikasi menjadi berantakan.

Awalnya, Race Direction mengumumkan untuk menjadwalkan sesi tambahan latihan bebas (Free Practice) bagi kelas MotoGP pada pukul 18:00 waktu setempat, atau pukul 22:00 WIB.

Namun, sesi tambahan Free Practice itu dibatalkan karena kondisi trek yang masih basah di beberapa area, terutama karena ada genangan air di gravel yang dianggap akan dapat membahayakan keselamatan para pembalap. Jadwal pun kemudian diumumkan kembali normal.

Akan tetapi, di tengah ketidakpastian menunggu hasil inspeksi trek yang dilakukan Race Direction, sesi kualifikasi Moto3 yang seharusnya digelar pukul 18:00 (22:00 WIB) waktu setempat pun ditunda. Begitu pula dengan kualifikasi kelas MotoGP, yang dijadwalkan digelar pukul 18:55 waktu setempat (22:55 WIB).

Race Direction lalu mengumumkan bahwa sesi FP4 MotoGP akan dimulai pukul 20:30 waktu setempat (00:30 WIB). Namun, tepat pukul 20:08 waktu setempat (00:08 WIB), Race Direction membatalkan semua sesi.

Dengan pembatalan ini, maka posisi start untuk balapan pada Minggu (26/3) atau Senin (27/3) dini hari akan mengacu pada hasil kombinasi dari FP1, FP2 dan FP3.

Dan dengan kata lain, Vinales akan start dari pole position, mengingat ia mencetak catatan waktu tercepat 1 menit 54,316 detik dalam hasil kombinasi. Posisi start kedua ditempati Andrea Iannone, dan juara dunia bertahan Marc Marquez start dari posisi ketiga.

Johann Zarco menempati posisi start kelima, di depan Andrea Dovizioso dan Scott Redding. Pembalap Repsol Honda, Dani Pedrosa, akan start dari posisi ketujuh. Rookie Yamaha Tech 3, Jonas Folger, di posisi start kedelapan, mengungguli Cal Crutchlow dan Valentino Rossi. Lalu, Jorge Lorenzo akan start dari posisi ke-12.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan