KSBI Pecahkan Rekor ORI

bandungekspres.co.id, SOREANG – Organisasi masyarakat Kebangkitan Sunda Bersatu Indonesia (KSBI) dengan motto Jawa Barat Bersih Sehat Karasa Ku Balarea (Jabar Berseka) memecahkan Rekor Nasional Original Rekor Indonesia (ORI) Gerakan Sapu Lidi dengan 10 ribu peserta dalam rangka memperingati hari ulang tahun KSBI yang ke-14 di Bale Rame Soreang, belum lama ini.

Gubernur Jawa Barat H. Ahmad Heryawan merasa salut atas kesederhanaan KSBI dengan gerakan budaya yang dilakukan di beberapa daerah. KSBI selalu mengusung ikatan kebersamaan, kesundaan, sabilulungan untuk masyarakat Sunda agar bangkit, bersatu dan maju untuk masa depan Jawa Barat.

”Ini gerakan kultural yang harus dikembangkan untuk terus maju ke depan. Secara perlahan untuk Jawa Barat yang semakin maju dan semakin sejahtera,” ucap Ahmad Heryawan.

Sapu lidi, lanjut Aher, memiliki fungsi yang luar biasa dan melambangkan persatuan. Satu batang lidi tidak akan ada gunanya tetapi jika diikat dan disatukan maka bisa berfungsi membersihkan.

”Itulah manusia, jika bergerak sendiri-sendiri, kekuatannya kecil. Namun jika bergerak bersama-sama akan menjadi satu kekuatan yang sangat dahsyat,” ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bandung, Ir. H. Sofian Nataprawira MP mengatakan, Kabupaten Bandung memiliki potensi yang sangat beragam. Yakni, meliputi potensi pertanian, pariwisata, peternakan, perkebunan, panas bumi serta seni dan budaya. Semua itu dikemas dalam visi Kabupaten Bandung yang salah satu landasannya adalah kultural.

”Kultural mengandung pengertian bahwa nilai-nilai budaya sunda dan kearifan lokal yang berkembang di Kabupaten Bandung merupakan khasanah nilai-nilai luhur yang mampu menjadi perekat soliditas dan solidaritas sosial masyarakat,” kata Sofian

Khasanah budaya Sunda, lanjut Sofian, juga merupakan faktor pendorong yang memiliki kekuatan besar untuk mempercepat laju pembangunan.

Kearifan lokal dan budaya sunda tersebut harus terus digali, warga harus menumbuhkembangkan dan melestarikan agar memberikan kontribusi positif terhadap upaya pencapaian kesejahteraan.

”Melalui kegiatan Gerakan Sabilulungan 10 Ribu Sapu Lidi yang digagas oleh Kebangkitan Sunda Bersatu Indonesia  ini diharapkan mampu menjadi pembelajaran bagi kita semua untuk semakin menjaga kebersihan lingkungan rumah dan sekitarnya,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan