KOTI Bandung Targetkan Juara di Piala Gubernur

jabarekspres.com, BANDUNG – Setelah terbentuk Komunitas Olahraga Tradisional Indonesia (KOTI) di Kota Bandung, saat ini atlet dari cabang permainan tradisional tengah serius berlatih untuk mempersiapkan event olahraga tradisonal piala Gubernur Jawa Barat pada Senin (13/12/2017) mendatang.

Ketua KOTI Kota Bandung, Andreas Wiharja mengatakan, Cabang Olahraga (Cabor) yang akan dipertandingkan, di antaranya Dagongan, Sumpitan, Egrang, Hadang, dan Tarumpah panjang.

Menurutnya, beberapa atlet sudah disipkan untuk mengikuti ajang ini, bahkan sudah mendaftar untuk persiapan berlaga nanti.

“Persiapan sudah dilakukan penjaringan atlet dengan melaksanakan invitasi olahraga pelajar tingkat Kota Bandung yang digelar di Eco Bambu, Cipaku, beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, dari hasil penjaringan tersebut pihaknya memilih atlet-atlet terbaik. Bahkan saat ini tengah dilakukan pemusatan latihan.

Untuk kebutuhan lanjut dia, Atlet dipilih berdasarkan karakteristik Cabor yang akan dilombakan. Sebab, olahraga tradisional ini membutuhkan beberapa kekuatan fisik dan kemampuan fokus pikiran.

“Ini kan sangat menantang tentunya karen membutuhkan kemampuan khusus,” ucap pri yang akrab disapa Wiwi ini.

Dia mengatakan, beberapa permainan seperti hadang dan dagong akan memperlihatkan bagaimana perjuangan peserta dalam memenangkan pertandingan. Terlebih, selain kekuatan fisik Cabor ini juga membutuhkan akal dan kecerdasan pemain.

“Seperti yang saya katakan, setiap cabor punya karakteristiknya masing-masing. Disana banyak hal yang menarik untuk disaksikan,”kata dia.

Wiwi memastikan, timm atlet Koti Kota Bandung akan tampil All Out dengan target menjuarai semua Cabor. Hal ini, ditekankan agar seluruh atlet memiliki semangat dalam bertanding nanti. Bahkan, untuk pelatih telah disiapkan dengan metode pelatihan khusus di setiap cabornya bagi atlet perwakilan Kota Bandung.

“Saya yakin dan Optimis dapat mencapai target para Atlet sekarang sedang berlatih setiap minggunya,”pungkas Wiwi yang juga pencetus berdirinya Koti Kota Bandung. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan