Kota Bandung Bidik 20 Juta Wisman

jabarekspres.com, BANDUNG – Kota Bandung telah menjadi bagian dari rencana pemerintah pusat untuk peningkatan jumlah wisatawan asing yang datang ke Indonesia melalui serangkaian upaya promosi pariwisata.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata telah menargetkan kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara pada tahun 2019. Guna menyukseskan hal itu, pemerintah telah memilih nama nama dan logo baru untuk branding 10 destinasi wisata Indonesia. Stunning Bandung adalah nama yang dipilih Kementerian Pariwisata RI untuk mewakili destinasi-destinasi wisata di Jawa Barat. Slogan yang diangkat adalah ”Stunning Bandung: Where the wonders of West Java begins.” Nama tersebut bermakna, Bandung sebagai gerbang pariwisata Jawa Barat.

Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial mendukung dan mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh kementerian. Pihaknya sendiri terus menguatkan berbagai upaya strategis guna meningkatkan jumlah wisatawan ke Kota Bandung. ”Kita terus programkan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Kita lakukan penguatan terutama karena Kota Bandung ini sesungguhnya memiliki potensi yang luar biasa, tinggal bagaimana kita bisa memberdayakan desinasi ini lebih baik lagi,” tutur Oded usai menghadiri Sosialisasi Branding Destinasi Bandung di Hotel El Royale, Jalan Merdeka Nomor 2 Bandung, Kamis (14/9).

Ke depannya lanjut Oded, Bandung tengah memprogramkan untuk membuat kampung-kampung wisata di tiap kecamatan. Dia berharap, kampung wisata bisa menambah destinasi wisata sekaligus memberdayakan ekonomi masyarakat. ”Kampung wisatanya tematik, harapannya ada di tiap kecamatan,” imbuh Oded.

Selain kampung wisata, Bandung yang telah terkenal sebagai kota jasa yang juga banyak menyediakan wisata hiburan dan MICE (Meeting, Incentives, Conventions, and Exhibitions). Kota Bandung sendiri memiliki 10 museum, 280 tempat hiburan, 600 bangunan cagar budaya, 1200 kafe dan restoran, serta 20 taman kota tematik yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. ”Kami pun sangat bersyukur karena berbagai upaya tersebut telah membuahkan hasil signifikan, diantaranya angka kunjungan wisata tahun 2016 yang mencapai 6,9 juta wisatawan dari target 5,6 juta,” ucap Oded.

Di sisi lain, Kepala Bidang Departemen Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Iwan Darmawan mengatakan, setelah Stunning Bandung ditetapkan sebagai branding, pemerintah pusat maupun daerah tinggal merancang serangkaian proses untuk mempromosikannya. Menurutnya, ada banyak hal yang harus diperhitungkan dalam upaya promosi tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan