Korban Puting Beliung di Data

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Adanya bencana angin puting beliung di Desa Cimerang dan Desa Laksanamekar Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, (KBB) membuat Bupati KBB Abubakar langsung mengunjungi lokasi korban.

Menurutnya, pemerintah daerah melalui BPBD KBB tengah mendata jumlah dan tingkat kerusakan akibat bencana ini. Bahkan, penangangan dan penanggulangan pasca bencana akan dikucurkan dari anggaran khusus Dana Tak Terduga (DTT).

“Saat ini fokus dulu pada pendataan. Nanti, kita lihat kebutuhan anggaran untuk penanganan bencana angin puting beliung ini,” kata Abubakar.

Selain itu, untuk penanganan darurat petugas gabungan akan membantu pembersihan puing dan pasokan logistik sudah diberikan Dinas Sosial.

Sedangkan, verifikasi tingkat kerusakan terus berjalan sebagai bagian dari prosedur pemberian bantuan.

“Bantuan dari pemerintah daerah juga sudah disalurkan. Kita harapkan masyarakat dapat bersabar atas musibah ini,” ujarnya.

Abubakar mengimbau, kepada seluruh masyarakat agar lebih hati-hati pada saat turun hujan.

Sebab, cuaca buruk seperti saat ini mengancam terjadinya bencana mulai dari longsor, pergerakan tanah hingga angin puting beliung. “Apalagi kalau hujannya turun pada malam hari, itu harus diwaspadai agar menghindari korban jiwa,” ujarnya.

Abubakar juga mengingatkan kepada seluruh aparat pemerintahan agar tetap memantau di setiap wilayahnya.

Para camat dan kepala desa harus cepat memberikan imbauan kepada masyarakat serta bergerak cepat bila ada informasi tentang bencana kepada pemerintah daerah.

“Peran camat dan kades harus cepat dalam memberikan penanganan dan informasi. Supaya bisa ditangani dengan cepat,” ujarnya.

Sebelumnya, hujan deras disertai angin puting beliung merusak ratusan rumah di Desa Cimerang dan Laksanamekar Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu (2/4) sekitar pukul 14.00 WIB. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan