Koramil 0904/Paseh Bantu Gerakan Percepatan Tanam Padi

bandungekspres.co.id, IBUN – TNI AD turun ke sawah guna memaksimalkan hasil pertanian. Personel TNI AD membantu petani dengan melakukan gerakan percepatan tanam, untuk masa tanam saat ini. Seperti yang dilakukan Kodim 0609 melalui Koramil 0904/Paseh, dibantu Kelompok Tani Raharja 5 melaksanakan menanam padi di Desa Lampegan Kecamatan Ibun Kabupaten Bandung, kemarin (2/2).

TURUN LANGSUNG: Anggota Bhabinsa mengangkat Ember yang berisikan bibit padi untuk ditanam di Desa Lam pe gan Ke camatan Ibun Kabupaten Ban dung, kemarin (2/2).
TURUN LANGSUNG: Anggota Bhabinsa mengangkat Ember yang berisikan bibit padi untuk
ditanam di Desa Lam pe gan Ke camatan Ibun Kabupaten Ban dung, kemarin (2/2).

Hal ini dilakukan secara serentak guna mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah. Danramil 0904/Paseh Kapten Inf Toto Toha Sobana didampingi Kepala Desa Lampegan Dedi Darsana mengatakan, untuk mendukung ketahanan pangan nasional khususnya di Kecamatan Ibun, pihaknya melakukan penanaman padi bersama kelompok tani dan para Bhabinsa.

”Penanaman padi bersama ini merupakan gerakan tanam padi serentak musim tanam di area pesawahan Parabon Kampung Jolok Desa Lampegan,” kata Toto usai penanaman padi.

Toto juga mengungkapkan, gerakan percepatan tanam padi ini bertujuan untuk memberikan semangat kepada para kelompok tani yang ada di wilayah Kecamatan Ibun dalam mendukung program pemerintah dalam kedaulatan pangan menuju swasembada pangan.

”Tujuan semua ini untuk meningkatkan kebersamaan antara rakyat dan TNI AD, yang harus terus dipupuk, karena TNI memiliki motto Bersama Rakyat TNI Kuat,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Toto, dirinya menugaskan kepada Babhinsa di wilayahnya agar selalu melakukan pendampingan terhadap kelompok tani mulai dari tanam sampai panen. Karena, PPL dan Babhinsa harus senantiasa bersinergi, selalu mendorong dan memberikan motivasi kepada para petani untuk penanam padi guna mencapai hasil yang maksimal.

”Ini merupakan kegiatan kebersamaan kami dengan rakyat, karena kami berasal dari rakyat. Jadi kegiatan seperti ini perlu digalakkan lagi agar antara rakyat dengan TNI bisa menjalin kebersamaan,” katanya.

Toto juga menjelaskan, pihaknya akan terus memotivasi untuk bercocok tanam dengan baik. Dengan begitu, katanya, bisa mendorong swasembada pangan dan mencapai target upaya khusus program padi, jagung dan kedelai (Pajale) untuk menopang ketahanan pangan. ”Harapan kami, target swasembada pangan nasional akan lebih cepat tercapai,” paparnya. (adv/yul/fik)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan