Kopites Fans Terbaik Sedunia

bandungekspres.co.id, SUPORTER Livepool sedang happy. Bukan karena timnya menjuarai Piala Liga atau Premier League. Melainkan karena mereka baru saja ditahbiskan sebagai suporter terbaik dalam FIFA Fan Award 2016 bersama fans Borussia Dortmund, Selasa (10/1).

Penghargaan tersebut dirasa spesial. Pasalnya, ini merupakan kali pertama FIFA memberikan penghargaan kepada suporter melalui acara malam penganugerahan FIFA Football Awards yang digelar di Zurich, Swiss.

Lantas, bagaimana Kopites-julukan suporter Liverpool, dan fans Dortmund bisa terpilih? Kekompakan kedua suporter tersebut yang menjadi alasan FIFA memilih mereka sebagai fans terbaik di dunia. Bermula ketika leg kedua babak perempat final Europa League musim lalu yang mempertemukan The Reds dengan Dortmund di Anfield (14/4).

Sebelum laga dimulai, Kopites menyanyikan anthem tim mereka You’ll Never Walk Alone untuk mengenang 27 tahun korban Tragedi Hillsborough. Tidak disangka-sangka, fans Die Borusen turut menyanyikan lagu tersebut. Suasana stadion lantas berubah syahdu.

Tentu saja Juergen Klopp yang menghadari malam penganugerahan FIFA Football Awards turut berbahagia. Apalagi sebelum menukangi Liverpool, Klopp merupakan aristek Dortmund pada 2008-2015.

”Ini adalah salah satu malam spesial sekaligus teraneh dalam hidup saya,” kata Klopp sebagaimana dilansir dari situs resmi klub. ”Banyak hal menarik dan susah dilupakan pada malam itu. Tetapi, kontribusi kedua pihak suporter menjadi yang paling menarik. Atmosfer stadion menjadi pengalamanterbaik yang pernah saya rasakan. Ini merupakan contoh nuata bagaimana suporter bisa mempengaruhi tim dan pertandingan,” ujar manajer berkebangsaan Jerman itu.

Dia lantas mengucapkan terima kasih terhadap seluruh pihak yang telah memilih Kopites sebagai fans terbaik yang menurutnya layak mendapat penghargaan tersebut. Ditambah, apa yang dilakukan suporter di manapun mereka berada menjadi cerminan bahwa sepakbola bisa memunculkan rasa kesenangan tersendiri apapun hasilnya. Menang ataupun kalah.

”Saya mewakili tim dan staf Liverpool ingin berterimakasih. Semua orang yang berada di Anfield ataupun di rumah ketika menyaksikan pertandingan itu tahu bahwa sepak bola patut untuk dibanggakan,” imbuh Klopp.

Fans Dortmund, menurut manajer 49 tahun itu juga layak mendapat penghargaan tersebut. Berdasarkan pengalaman pribadinya saat masih melatih Die Borussen, suasana yang diciptakan para suporter saat pertandingan home sama seperti di Liverpool. Keduanya juga memiliki solidaritas yang sama terhadap klub.

Tinggalkan Balasan