Kontribusi PAD dari Wisata Minim

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bandung Barat akan lebih menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari sejumlah objek wisata milik pemkab.

Pasalnya, sejauh ini kontribusi yang diberikan dari ketiga objek wisata seperti Situ Ciburuy yang hanya menyumbang Rp20 juta/tahun, Curug Malela yang disejajarkan keindahannya dengan Air Terjun Niagara berkonstribusi Rp5 juta/tahun, dan Gua Pawon Rp 5 juta/tahun.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bandung Barat Rahmat Safei mengungkapkan, sebetulnya objek wisata milik Pemkab Bandung Barat ini memiliki potensi besar untuk menyumbangkan pada kas dearah.

Hanya saja memang di lapangan masyarakat juga belum banyak yang mengetahui lokasi ini. “Makanya ini tugas kami juga untuk terus mempromosikan wisata di Kabupaten Bandung Barat,” ungkapnya kepada wartawan di Ngamprah, kemarin.

Menurut dia, selama ini sebetulnya pemerintah sudah melakukan upaya promosi agar ketiga lokasi wisata ini dapat dikunjungi masyarakat. Ia meyakini, di tahun mendatang pengunjung akan lebih banyak. “Kalau pendapatan dari objek wisata masih sangat minim. Paling tinggi dari pajak hotel,” katanya.

Ditambahkannya,  penyumbang PAD terbesar dari objek wisata baru Taman Wisata Alam Maribaya. Minimnya PAD dari objek wisata tak terlepas dari buruknya infrastruktur yang ada di kawasan wisata tersebut, juga sarana dan prasarana jalan tidak memadai. “Objek wisata di Kabupaten Bandung Barat tidak semuanya milik Pemkab Bandung Barat tapi kebanyakan milik perorangan, perkebunan, dan perhutani,” ungkapnya.

Untuk menggenjot pendapatan dari sektor pariwisata, lanjut dia, diperlukan perbaikan infrastruktur. “Pesona alam Kabupaten Bandung Bandung memang indah memiliki nilai jual.  Contohnya saja Curug Malela, memiliki  keiondahan yang luar biasa namun akses ke sana tidak memadai sehingga berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan,” tuturnya.

 

Sementara itu, Bupati Bandung Barat Abubakar menambahkan, pada tahun mendatang infrastruktur menuju objek wisata di Kabupaten Baandung Barat akan menjadi prioritas Pemkab Bandung Barat. Hal ini dilakukan guna memberikan rasa nyaman bagi para pengunjung yang hendak datang untuk menghabiskan liburan di sejumlah lokasi wisata. Mulai dari objek wisata di wilayah utara meliputi Parongpong, Cisarua dan Lembang. Bahkan, yang menjadi prioritas selanjutnya yakni sejumlah wisata di wilayah selatan meliputi Curug Malela di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga dan Curug Walet di Desa Sukaresmi Kecamatan Rongga. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan