Konsep Smart City Terbang ke Sorong

jabarekspres.com, BANDUNG – Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil bersama Bupati Sorong Johny Kamuru melakukan penandatangan Naskah Kerjasama antar daerah, di Aula Kantor Bappeda Kabupaten Sorong.

Penandatanganan tersebut dilakukan saat Wali Kota Bandung melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kabupaten Sorong. Penandatangan naskah kerjasama antara Pemerintah Kota Bandung dan Pemkab Sorong ini merupakan penandatangan yang ke-58 setelah sebelumnya dilakukan hal serupa dengan beberapa pemkab atau pemkot di Indonesia.

Berdasarkan catatan, beberapa ruang lingkup kesepakatan bersama tersebut di antaranya : Pengembangan smart city dan e-government;Pengembangan kebudayaan, pariwisata dan ekonomi kreatif;Pengembangan sumber daya manusia;Promosi dan Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah, Industri, Perdagangan dan Investasi;Penataan ruang/wilayah dan infrastruktur perkotaan;Perencanaan Daerah;Ketahanan pangan dan pertanian; danBidang-bidang lain yang disepakati bersama sesuai dengan kebutuhan PARA PIHAK.

Seusai melakukan penandatangan, Wali Kota Bandung berharap kegiatan penandatangan naskah kerjasama tersebut bukan hanya seremonial belaka, tetapi diharapkan dapat memberikan kontribusi langsung dalam pembangunan kedua daerah. ”Tadi kita sudah tandatangan MoU, jadi kita kerjasama bukan hanya ekonomi, tapi juga pariwisata, dan smartcitynya,” jelasnya.

Wali Kota Bandung juga mempersilahkan kepada Diskominfo Pemkab Sorong untuk datang langsung ke Pemkot Bandung dan menghubungi Diskominfo Kota Bandung untuk memilih sendiri aplikasi yang dibutuhkan Pemkab Sorong.

”Diskominfo Sorong silahkan datang ke Diskominfo Kota Bandung untuk memilih sendiri aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan, di Bandung kan kinerjanya terbaik, kalau mau silahkan pilih juga aplikasi kinerja itu,” jelasnya.

Ridwan Kamil pun mengungkapkan bahwa yang dilakukan kedua belah Pemkot Bandung dan Pemkab Sorong tersebut merupakan bukti nyata dari slogan Kurangi Kompetisi dan Perbanyak Kolaborasi karena kita NKRI. (ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan