Kodam III/Slw Kerahkan Prajurit Untuk TMMD

jabarekspres.com, BANDUNG – Untuk memeratakan pembangunan di tingkat Desa Pemprov Jabar bersama Kodam III/Slw menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) pada 2017 ini

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan,  program ini nantinya meliputi pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan rumah tidak layak huni dan fasilitas sanitasi masyarakat.

“Jalan yang buruk nanti akan diperbaiki sehingga masyarakat desa tidak lagi terisolasi dan meningkatkan pertumbuhan perekonomian masayarakat desa,”jelas dia ketika ditemui di Gedung Sate kemarin ( 6/4)

Menurutnya program ini, sejalan dengan semangat pemerintah pusat untuk membangun Indonesia dari pinggiran. Bahkan, TMMD merupakan terobosan dalam percepatan pembangunan di Pedesaan.

“Jadi pelaksanaannya harus mencapai hasil maksimal sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat,”kata dia.

Selain itu, tujuan TMMD  harus benar-benar mencapai hasil maksimal dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dengan strategi pemberdayaan harus menciptakan keterpaduan program pemerintah dengan kebutuhan masyarakat.

Dalam pelaksanaannya nanti, Komunikasi bersama masyarakat setempat dibutuhkan agar mendorong partisipasi aktif mereka.

“Saya juga berharap, selanjutnya secara bertahap masyarakat mampu membangun diri dan lingkungannya secara mandiri,” tambah Aher.

Dalam kesempatan tersebut Aher menyerahkan secara simbolis berupa alat kerja cangkul dan sekop kepada perwakilan anggota TNI dan masyarakat pertanda dimulainya program TMMD yang akan dilasanakan hingga satu bulan kedepan.

Sementara itu, Panglima Kodam/ III Siliwangi, Mayjen TNI Herindra mengatakan, pihaknya akan mengerahkan prjurit  disetiap kesatuan dan wilayah teritorial untuk melaksanakan pembangunan fisik seperti pengaspalan jalan, perbaikan jembatan, rehabilitasi sekolah dasar, pembuatan siskamling dan perbaikan drainase.

Selain itu, untuk sosialisasinya pihaknya juga akan menyelenggarakan penyuluhan fisik berupa penyuluhan HIV-AIDS, pelatihan nelayan, pelayanan KB, pembinaan usaha ekonomi produktif, pelatihan otomotif, pelayanan administrasi, penyuluhan narkoba dan pelatihan jaringan internet.

Selain Indramayu, pelaksanaan program TMMD Ke-98 ini juga serentak diadakan di lima Kabupaten di Jabar yaitu, Tasikmalaya, Purwakarta, Subang, Bogor dan Kabupaten Bekasi yang masuk wilayah Kodam Jaya.

Herindra menambahkan, prgram ini didukung oleh APBD Pemkab Indramayu dan CSR BUMN dan BUMD sebesar Rp 2 Miyar lebih dan partisipasi pihak lainnya

“Saya harap rangkaian kegiatan TMMD di Indramayu ini terselenggara dengan baik dan dapat dilaksanakan penuh semangat oleh prajurit-prajurit Kodam Siliwangi sebagai wujud kebersamaan dengan rakyat Jabar,”tutup dia (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan