KLH Lakukan Verifikasi Untuk Berikan Penghargaan Swasti Saba

jabarekspres.com, SOREANG – Tim Verifikasi dari kementrian Lingngkungan Hidup (KLH) saat ini tengah melakukan penilaian untuk Kabupaten/Kota Sehat tingkat nasional.

Verifikasi dilakukan dengan mengunjungi beberapa lokasi di Kabupaten Bandung di antaranya yaitu Situ Cileunca Kecamatan Pangalengan, Bank Sampah Mitra Mandiri Desa Lamajang Kecamatan Pangalengan, Lumbung Padi Kp.Palasari Cikalong Kecamatan Cimaung, Rumah Sehat di Kp.Wangun Desa Pasirmulya Kecamatan Banjaran dan Rumah Makan sehat Sarasa di Kecamatan Soreang.

Ketua Tim Verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) Nevy Rinda Nugraini mengatakan, pada 2017 ini, pihaknya melakukan verifikasi untuk penilaian Swasti Saba Wiwerda.

Dalam penialaian ini juga ada penambanhan yang akan diverifikasi yaitu, Kawasan Pariwisata Sehat dan Kawasan ketahanan pangan dan gizi.

“Secara umum, hasil pembina tatanan sudah bagus, meski masih ada yang harus dilengkapi, misalnya data dokumennya belum lengkap,” ucap Nevy ketika ditemui disela-sela penilaian kemarin (17/10).

Menuruutnya, kelengkapan dokumen menjadi indikator penting untu lolos atau tidaknya ke tingkat Wiwerda. Sehingga, ketika Tim datang kesini untuk melakaukan Verifikasi pihaknya telah memberikan masukan kepada dinas terkait untuk dilengkapi.

“Secara umum baik. Jadi mungkin masih ada pembenahan untuk menuju ke wistara,” imbuhnya.

Berdasarkan pengamatan lanjut dia, untuk kawasan pariwisata sehat sudah terintegrasi dengan pengelolaan pariwisata. Bahkan, untuk sarana dan prasarana kesehatan dan pejaual makanan di obyek wisata sudah sangat baik.

“Tatanan pariwisata, saya apresiasi karena sudah cukup lengkap karena ada polisi pariwisata ada Satandar Operasional (SOP) tanggap darurat juga ada klinik,” tukasnya

Sementara menurut Ketua FKBS Kabupaten Bandung Hj. Kurnia Agustina Naser mengatakan, tujuan utama dari penilaian tersebut bukan terletak pada keinginan mendapatkan penghargaan. Tetapi, bagaimana membangun terwujudnya kehidupan masyarakat di Kabupaten Bandung yang bersih, sehat, aman dan nyaman.

“Jadi kedatangan Tim bukan sebatas menilai, namun lebih banyak memberikan dorongan dan dukungan kepada pemerintah daerah, dengan memberikan masukan untuk lebih baik,” ucap Nia

Selama ini lanjutnya, FKBS bersama Perangkat Daerah (PD) sudah mengoptimalkan program secara sabilulungan. Termasuk didalamnya ada beberapa inovasi yang sudah dijalanakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan