Kezia Warouw Kembangkan Pariwisata Indonesia

DALAM hitungan pekan, Kezia Roslin Cikita Warouw tidak lagi menjabat Puteri Indonesia. Bulan depan karantina pemilihan puteri baru sudah digelar.

Dalam sisa waktu yang tak lagi panjang, Kezia masih punya satu ambisi yang ingin segera dituntaskan. Yakni, meluncurkan program aplikasi pariwisata Indonesia.

’’Sekarang (progres pembuatannya, Red) baru 70 persen,’’ kata Kezia ketika ditemui di Graha Mustika Ratu, Pancoran, Jakarta Selatan, belum lama ini.

Kezia memang merupakan sarjana teknik informatika Universitas Esa Unggul, Jakarta. Berdasar pengalaman selama menjadi Puteri Indonesia dan ketika mengikuti Miss Universe di Filipina lalu, dia ingin menghasilkan produk teknologi yang bisa membuat sektor pariwisata Indonesia semakin berkembang.

Menurut dia, sangat sayang jika destinasi wisata Indonesia yang mencapai ribuan itu tidak dibuatkan aplikasi. ’’Apalagi sekarang hampir semua orang pegang ponsel pintar. Jadi, aplikasi bukan hal yang asing,’’ tegasnya.

Lewat apps, Kezia berharap kesadaran dan wawasan mengenai pariwisata Indonesia bisa semakin berkembang.

Ngomong-ngomong soal apps, apa saja fiturnya nanti? Kezia masih enggan menjelaskan dengan detail. Namun, aplikasi itu akan memberikan kemudahan bagi mereka yang suka traveling maupun ingin mengenal pariwisata Indonesia lebih jauh. Yang jelas bakal ada peta, penjelasan mengenai objek, rute, sampai panduan membuat itinerary.

’’Selain mengenalkan pariwisata, aplikasi kan memang untuk memudahkan pengalaman wisata,’’ tambah Kezia.

Ide itu sebenarnya muncul sejak Kezia terpilih sebagai Puteri Indonesia tahun lalu. ’’Kan hobi saya juga coding (pemrograman komputer, Red). Jadi, bisa dimanfaatkan untuk proyek aplikasi ini,’’ jelasnya.

Dalam proyek itu, Kezia dibantu teman-temannya. Ada yang sealmamater, ada juga yang tidak. Total ada tujuh orang yang terlibat. Mereka lebih banyak berperan mengerjakan coding selama Kezia berkeliling Nusantara menjalankan tugas sebagai Puteri Indonesia.

Jika apps itu sudah jadi, Kezia akan menggelar soft launching sesaat sebelum dirinya melepas jabatan. Setelah tidak lagi menjabat, dia bakal lebih berfokus mengembangkan proyek aplikasi tersebut sehingga semakin optimal. ’’Doakan aja tahun ini juga semakin berkembang ya,’’ ujar cewek yang masuk 13 Besar Miss Universe 2016 tersebut.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan