Ketua Dewan Bantah Ada Pembagian Wilayah

jabarekspres.com, NGAMPRAH- Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna membantah jika secara kelembagaan (DPRD KBB,red) pernah melakukan pembahasan soal pembagian wilayah dengan DPRD Kota Cimahi. Hal itu menyusul dengan pernyataan Ketua DPRD Kota Cimahi Achmad Gunawan yang mengaku sudah melakukan koordinasi dengan Ketua DPRD Kabupaten Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dengan meminta langsung wilayahnya dibagi ke Cimahi. “Saya tegaskan, pihak DPRD KBB dengan DPRD Kota Cimahi tidak pernah membahas soal pembagian wilayah. Apalagi, belum ada pembahasan dengan Bupati soal itu,” tegas Aa kepada wartawan di Padalarang, kemarin.

Bila ada permintaan soal pembagian wilayah dengan daerah lain, kata Aa, pihaknya tidak akan menyetujui wacana pembagian wilayah tersebut. Pasalnya, terbentuknya Kabupaten Bandung Barat merupakan hasil perjuangan masyarakat KBB. “Tentu kami tidak akan setuju kalau harus diserahkan ke daerah lain. Jelas ini perjuangan seluruh masyarakat KBB,” terangnya.

Meski ada sebagian warga KBB yang ingin pindah atau bergabung dengan daerah lain, hal itu harus berdasarkan pada aturan yang berlaku. Apalagi, KBB terbentuk melalui undang-undang, sehingga jika terjadi perubahan wilayah maka secara otomatis harus ada perubahan undang-undang tersebut. “Intinya kami di dewan tidak menyetujui jika ada daerah lain mau minta sebagian wilayah KBB. Kami akan pertahankan wilayah KBB ini, apapun resikonya,” ujarnya.

Sementara itu, sejumlah masyarakat Kabupaten Bandung Barat yang tergabung dalam Gerakan Masyarakat Menggugat (Geram) menyesalkan adanya isu soal pembagian wilayah dengan Kota Cimahi. Ketua Geram KBB, Deki David Karwur
mengecam tindakan DPRD KBB yang sudah melakukan pembahasan terkait pembagian wilayah dengan Kota Cimahi. Pasalnya, pembentukan KBB bukan hadiah atau pemberian dari pemerintah melainkan hasil perjuangan masyarakat KBB. “Kami mengecam jika dewan sudah melakukan pembahasan pembagian wilayah dengan Kota Cimahi. Ini perjuangan masyarakat bukan hadiah,” kata Deki. (drx/bun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan