Ketahanan Keluarga Miliki Fungsi Penting

jabarekspres.com, SOREANG – Ketahanan keluarga sebetulnya memiliki arti penting untuk membentuk kualitas generasi penerus yang memiliki karakter.

Anggota DPR RI Komisi IX H.Adang Sudrajat mengatakan, Ketahanan keluarga bisa lebih masif diwujudkan dengan program pemerintah pusat memlalui pembentukan kampung Keluarga Berencana (KB)

Menurutnya, program kampung KB bisa mengaktifkan 8 fungsi keluarga. Sehingga, sangat tepat bila Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) membentuk kampung KB yang menyesar seluruh desa di Indonesia.

Adang menilai, BKKBN Provinsi Jabar selama ini sudah gencar memberikan pemahaman apa itu kampung KB. Sehingga, program ini diharapkan mampu dimengerti dan dilaksankan disetiap daerah yang ada di Indonesia.

Dirinya menilai, program ini akan memberikan pemahaman untuk meningkatkan kualitas hidup sebuah keluarga. Dimana, didalam program kampung KB pembentukan Ketahanan Keluarga akan lebih ditekankan.

“Dengan program Kampung KB ini, masyarakat akan mengerti tentang program dua anak cukup. Hal itu, juga bisa memberikan peningkatan kesejahteraan bagi keluarga pra sejahtera dan ketahanan keluarga berencana,” kata Adang ketika ditemui dalam sosialisasi ketahanan keluarga kemarin (24/11)

Dirinya meyakini, program tersebut membawa manfaat bagi keluarga untuk peningkatan kualitas hidup, kesejahteraan, dan kecerdasan bagi anak.

“Jadi intinya kami sangat mendukung sekali program Kampung KB dan dewan akan terus mendukung program ini melalui dorongan anggaran pemerintah pusat,”jelas Adang.

Hal senada disampaikan Jajang Rohana Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bandung, menurutnya, masyarakat harus memahami terlebih dahulu program kampung KB.

Dirinya menilai, masyarakat jangan menilai dari satu sisi mengenai KB. Sebab, banyak yang beranggapan KB itu urusannya dengan alat kotrasepsi.

“Menilainya jangan begitu, karena program kampung KB merupakan program komposesif dalam rangka menjaga ketahanan keluarga dengan delapan fungsi keluarga.”ucap jajang.

Dirinya memaparkan, fungsi keluarga untuk meningkatkan ketahanannya harus diaktifkan melalui beberapa bidang di antaranya, fungsi Agama, fungsi kasihsayang, perlindungan, fungsi pendidikan dan ekonomi, sosial dan fungsi Budaya.

Dengan begitu, program kampung KB, otomatis akan meningkatkan kualitas hidup dalam sebuah keluarga. Sehingga, terhindar dari berbagai engarug negati yang datang dari luar.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan