Kesenian Sunda Sambut Tahun Baru

bandungekspres.coid, SOREANG -Sejumlah kesenian tradisional Sunda turut memeriahkan pergantian tahun baru di Balerame, komplek Gedong budaya Sabilulungan, Sabtu (31/12).

Bupati Bandung, Dadang Naser dan sejumlah perangkat daerah turut hadir menyaksikan pementasan seni tradisional. Wayang golek kolaborasi, Cepot Nge Band (CNB) menjadi kesenian tradisional yang paling memukau penonton. Selain CNB ada juga tari jaipong, karinding dan tari merak menjadi pembuka acara tersebut.

“Namun kami tetap menampilkan sejumlah acara sunda yang berkualitas karena di moment pergantian tahun baru itu, sangat dinantikan penontonnya,” ujar Uci salah satu panitia acara.

Dalam acara itu Budi Cilok menjadi penutup pagelaran pergantian tahun. Ratusan fans Budi Cilok yang doyan dengan lagu-lagu Iwan Fals, turut berjingkrak ketika lagu “Sampah” milik Budi dilantunkan sebagai lagu kedua setelah “Bongkar” lagu Iwan Fals. ”Alhamdulillah, kami bisa hadir dan menghibur warga kabupaten Bnadung di acara pergantian baru bersama Pak Bupati Dadang Naser,” kata Budi.

Sedangkan Ki Dalang Dede Candra Sunarya mengaku bangga bisa tampil kembali di acara malam pergantian tahun baru di Balerame, komplek Gedong budaya Sabilulungan. Dia bersama lima personil lainnya diberikan waktu sejam untuk menghibur warga.

”Mudah mudahan warga Kabupaten Bandung terhibur dengan penampilan saya. Karena inilah saya sebagai pemilik wayang golek kolaborasi dengans egala kekurangannya,” aku Ki Dede, kemarin.

Bupati Bandung Dadang M Naser mengimbau warganya merayakan malam pergantian tahun 2016 ke 2017 untuk menjaga ketertiban dan keamanan dia berpesan untuk tak melakukan hal-hal yang berlebihan dan bisa mengotori Kabupaten Bandung dengan maksiat. ”Termasuk pesta miras dan lainnya. Karena selain berurusan dengan aparat juga dilarang oleh agama,” terangnya.

Oleh karenanya, bupati mengajak masyarakat dalam merayakan tahun baru dengan cara merenung dan mengkaji seraya berintopeksi diri. Sebab, pergantian malam tahun baru merupakan momen yang pas untuk berintropeksi diri dan memperbaiki diri serta meningkatkan kebaikan. (gun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan