Kesembuhan Yana Zein 85 Persen

YANA Zein terlihat fresh ketika mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Wajahnya semringah. Dia baru pulang ke Indonesia setelah menjalani pengobatan kanker payudara stadium 4 di Modern Cancer Hospital Guangzhou, Tiongkok, selama empat bulan. Kedua putrinya, Aurelia Callista Carilla dan Alika Pandora Salvine, menyambut kedatangan Yana. ’’Halo Indonesia. Yana pulang,’’ kata Yana semangat sambil melambaikan tangannya,  kemarin.

Yana membawa kabar bahagia. Aktris senior itu menyatakan bahwa kanker payudaranya sudah terangkat 75 persen. Tim dokter mengungkapkan bahwa kesembuhan Yana sudah mencapai 80 persen. Dengan bersemangat, Yana menjelaskan tindakan medis apa saja yang diterimanya.

Salah satunya adalah cryosurgery. Tindakan untuk memusnahkan jaringan sel kanker menggunakan suhu dingin dan panas yang ekstrem. ’’Cryo itu bagian yang sakit dipanaskan dan didinginkan. Waktu disuntik panas, panas itu yang membuat kankernya pecah. Tinggal empat titik kecil-kecil,’’ ungkapnya.

Sebelum berangkat ke Tiongkok, dokter menuturkan bahwa liver dan ginjal Yana mengalami gangguan karena mengonsumsi banyak obat. Saat ini liver Yana masih disembuhkan. Dia harus minum banyak air putih dan mengistirahatkan organ dalamnya dari obat-obatan yang berat. Yana juga tidak lagi banyak mengandalkan kursi roda.

Sebelum pulang, Yana diinfus vitamin dan hormon. Selama berada di Indonesia, Yana harus beristirahat dan melakukan fisioterapi. ’’Nanti Juni atau Juli kembali ke Tiongkok, checkup untuk lihat tindakan selanjutnya menghilangkan 25 persen sisanya,’’ jelasnya.

Melihat kondisi Yana Zein, aktris Wulan Guritno memperlihatkan kepeduliannya kepada rekannya, Yana Zein.  Dia melakukan penggalangan dana untuk membantu aktris senior yang acapkali melakoni peran antagonis itu.

Wulan Guritno yang dikenal sangat peduli pada isu kanker tersebut terus mengajak semua pihak untuk turut berdonasi pada kampanye galang dana tersebut.

“Saat ini Yana harus segera mendapatkan tindakan dan pengobatan untuk mengatasi kanker payudaranya yang telah menjalar kebeberapa bagian dan organ tubuhnya. Selain itu kedua anaknya sudah 6 bulan tidak dapat bersekolah karena semua dana yang ada telah terpakai untuk membayar biaya pengobatan Yana,” kata Wulan Guritno, belum lama ini.

Tinggalkan Balasan