Kenalkan Dasar Membangun Negara

sosialisasi pilar kebangsaan
BERI SOSIALISASI: Anggota DPR RI Komisi X, Ledia Hanifa Amalia S.Si., M.Psi.T (foto depan kelima dari kiri), saat berfoto bersama guru dan siswa - siswi SMKN 1 Cimahi, usai melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, di Aula SMKN 1 Cimahi Jalan Mahar Martanegara, Leuwigajah, Kota Cimahi, Senin (10/4)

jabarekspres.com, CIMAHI – Untuk memperkenalkan dasar-dasar dalam membangun bangsa kepada para pelajar. Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Ledia Hanifa Amalia melakukan sosialisasi empat pilar kebangsaan, yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika, di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMK N) 1 Kota Cimahi.

Ledia mengatakan, empat pilar kebangsaan merupakan hal yang penting yang harus dipahami para pelajar. Sebab empat pilar kebangsaan merupakan akar dari Bangsa Indonesia, yang semakin hari semakin berkurang untuk dipelajari.

”Makin kesini- makin berkurang, dengan mata pelajaran yang sedikit. Paling hanya dua SKS (Satuan Kredit Semester, Red.) dalam satu semester. Ini kan jadi persoalan,” katanya, usai melakukan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di SMK N 1 Cimahi, Jalan Mahar Martanegara Leuwigajah Kecamatan Cimahi Selatan Kota Cimahi, kemarin.

Ledia menjelaskan, dengan sosialisasi yang masif diharapkan siswa bisa lebih sadar dan menjadikan empat pilar kebangsaan sebagi satu hal yang penting. Sehingga banyaknya pelajar yang selama ini apatis dan berujung tidak mau ikut berpolitik dan terkesan acuh terhadap bangsa akan sirna. Pasalnya, jika mereka para pelajar sudah cukup umur dan ilmunya tetapi  tidak mau membantu mengelola negara, siapa lagi yang akan mengurus bangsa ini.

”Maka untuk menanamkan kecintaannya kepada bangsa, harus dimulai dari sekarang. Diawal-awal priode saya sebagai anggota dewan, saat sosialisasi banyak para pelajar yang saat ditanya, gak ada yang mau jadi anggota dewan karena takut korupsi,” jelasnya.

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera ini, hal itu terjadi karena minimnya para pelajar dalam pengetahuan mengenai tugas dan fungsi anggota dewan. Padahal ada banyak tugas dan fungsi DPR yang juga perlu diketahui oleh para pelajar. Oleh karena itu, Ledia lebih memilih untuk sosialisasi kepada para siswa, guru atau mahasiswa.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here