Kemendikbud Kembali Gulirkan Rehab Nasional

jabarekspres.com, JAKARTA – Kondisi ruang kelas masih memprihatinkan. Dari total 1,8 juta unit ruang kelas, sekitar 1,3 juta diantaranya dalam keadaan rusak. Mulai dari rusak ringan hingga berat, bahkan sampai rusak total. Pemerintah kembali menggulirkan program rehab nasional.

Program rehab sekolah pernah dijalankan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) antara 2012 sampai 2013 lalu. Kemudian program itu terhenti. Kalaupun ada program rehab sekolah atau ruang kelas rusak, jumlahnya tidak banyak. Mulai tahun ini program rehab sekolah rusak kembali digulirkan dengan skala besar. Rehab sekolah rusak itu mulai jenjang SD hingga SMA/SMK.

Direktur Pembinaan SD Kemendikbud Wowon Widaryat menjelaskan ruang kelas rusak cukup banyak di jenjang SD. ’’Sasaran rehabilitasi sekolah rusak jenjang SD tahun ini 14.518 unit,’’ katanya di Jakarta kemarin (6/6). Total anggaran yang digelontorkan untuk program rehab jenjang SD mencapai Rp 1,25 triliun.

Dia mengatakan dalam satu sekolah, minimal ada dua unit ruang kelas yang dilakukan rehab ringan. Sementara dalam kondisi paling buruk, ada yang satu kelas kondisinya rusak semuanya. Meskipun begitu Wowon mengatakan perhitungannya tetap berbasis ruang kelas. Supaya lebih mudah untuk pengalokasian anggarannya.

Wowon berharap proses rehab sekolah ini bisa selesai Agustus depan. ’’Saat ini sudah ada yang mulai berjalan perbaikannya,’’ tuturnya. Dia mengatakan proses rehabilitasi sekolah rusak dikebut supaya tidak sampai malampaui batas penggunaan anggaran Desember mendatang.

Rehab serupa juga dilakukan di jenjang SMP. Kepala Seksi Sarana dan Prasarana Direktorat Pembinaan SMP Kemendikbud Firdaus Yunidarta mengatakan untuk jenjang SMP menggunakan basis sekolah. Sehingga satuan unit rehabilitasinya adalah setiap sekolah.

’’Pada tahap satu ada 906 unit sekolah yang mendapatkan bantuan rehab dari Kemendikbud,’’ jelasnya. Kemudian menyusul tahap kedua sebanyak 619 unit. Lalu di tahap ketiga nanti diperkirakan juga antara 600 unit sampai 900 unit. Umumnya kondisi SMP yang mendapatkan bantuan rehab masuk kategori rusak berat. Tahun ini Kemendikbud masih memprioritaskan SMP negeri dahulu.

Firdaus menjelaskan total anggaran yang dialokasikan untuk rehab di jenjang SMP sebesar Rp 1,4 triliun. Kemendikbud tidak bisa merehab seluruh SMP, karena kebutuhan anggaran totalnya mencapai Rp 3 triliun. Karena anggaran terbatas, maka program ini akan dilanjutkan tahun depan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan