Kembangkan Potensi Anak Muda

BELAJAR MEMBATIK: Membatik salah satu kegiatan yang diajarkan di Rumah Kreasi Cimahi, kemarin.

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Ada susana berbeda dilakukan Nur Libiana, ibu tiga orang anak, warga Jalan Sadarmanah Nomor 125, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi. Di rumahnya, Nur mengajak anak muda Kota Cimahi untuk mengembangkan potensi dirinya diberbagai bidang keahlian.

Sejak 2009 lalu, ia pun mendirikan Rumah Kreasi sebagai tempat berkumpul anak muda Cimahi dalam mengembangkan kreativitasnya. “Di rumah banyak berkumpul anak-anak muda asal Kota Cimahi berbaur dengan anak kami, untuk menciptakan sesuatu yang kreatif. Apa yang saya lakukan ini agar bisa memantau pergaulan anak-anak, karenanya saya fasilitasi kemauan mereka, dan ajak teman-temannya kesini,” ucap alumni Seni Rupa ITB, di Rumah Kreasi, Minggu (12/3).

Dalam mengajarkan kepada anak-anak asuhnya ini, Nur tidak membatasi kesukaan atau keahliannya, namun mereka dibiarkan mengalir dan bebas menentukan hingga menemukan kecocokan.  ”Kalau dipaksakan belum tentu akan sesuai dengan keinginan mereka. Setelah dilihat perkembangannya baru mereka dikelompokan dan diberikan  program yang mendukung potensinya, sehingga mereka merasa  nyaman,” ujarnya.

Di Rumah Kreasi yang didirikannya, selain memfasilitasi minat musik anak-anak binaannya, banyak anak-anak lain mendalami berbagai keterampilan lainnya. Seperti membuat kerajinan tangan dengan berbagai bahan baku, membatik, menggambar, tata boga, tata busana, dan sebagainya.  ”Kami tidak hanya memberikan wawasan tentang  kemampuannya saja tapi juga ke pengembangan usahanya ke depan. Hal ini yang jarang didapatkan di bangku sekolah,” sebutnya.

Dia mekanjutkan, usai diberikan pelatihan sesuai dengan potensi anak asuhnya, tak segan juga untuk menyiapkan modal usaha dan penerapan yang didapat anak binaannya. Jika anak tersebut belum memiliki kesiapan, langkah awalnya adalah menitipkan anak tersebut ke pengusaha rekanannya. “Setelah dibimbing dan mereka bisa usaha sendiri saya sudah tidak ikut campur lagi kepada mereka, “ jelasnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR