Kembangkan Bisnis Travel dan Kuliner hingga Raup Omset Ratusan Juta

Tak ada batasan usia dalam mencapai kesuksesan. Inilah yang dibuktikan Andre Igamo, pemilik bisnis tour and travel Suka Nusantara.

 Gugun Gunawan-job, Dago

PERTAMA-tama, persiapkan terlebih dahulu mental yang kuat. Jadikan itu sebagai pondasi. Yakinlah bahwa jalan terjal yang akan dihadapi dapat menghasilkan balasan yang luar biasa. Setelah semua terlewati, maka konsistensi kesuksesan dalam berbisnis akan segera diraih,” itulah moto hidup yang ditanamkan pemuda 24 tahun, Andre Igamo, yang sukses mengembangkan beberapa bisnis, seperti tour and travel dan penginapan di Kota Bandung.

Di usianya yang masih relatif muda, Andre sudah mengantongi penghasilan Rp 200 juta perbulan dari hasil kerja kerasnya.

Saat ditemuai Bandung Ekspres di kawasan Dago, Andre bercerita panjang lebar soal minatnya terjun ke dunia entrepreneur. Dirinya mengaku tidak mau menjadi karyawan atau pegawai negeri sipil (PNS), lantaran sudah diniatkan sejak usia remaja menjadi pebisnis.

Dari dua bisnis yang ia lakoni di atas, keduanya berfokus pada bidang jasa. Pertama, tour and travel bernama Suka Nusantara.

Sesuai namanya, Suka Nusantara lebih berfokus pada pengenalan area wisata di Indonesia. Sehingga area-area yang dituju tidak lain adalah tempat-tempat wisata di Indonesia yang tidak kalah dengan di luar. Tujuannya adalah untuk membangun nasionalisme masyarakat Indonesia sendiri.

Kedua, membuka jasa penginapan. Jasa ini masih menyambung dengan tour and travel Suka Nusantara. Karena bagi mereka yang hobi backpaker saat liburan, mereka memfasilitasi penginapan dengan badget yang minim.

Terlahir dari keluarga sederhana, kendala awal yang dihadapi Andre saat berbisnis yakni terbentur dana. Namun dirinya tak kehilangan akal. Dia memulai berbisnis dengan menjual produk milik orang lain.

Setelah mengamati dan mempelajari semua yang dia ketahui tentang berbisnis, mulailah dengan membuka konveksi.

”Sebenarnya, perjuangan terbesar saya di awal adalah mendapatkan restu orang tua. Karena saat itu orang tua ingin saya menjadi seoarng karyawan. Terutama PNS. Namun meskipun cukup lama direstui, saya berhasil meyakinkan mereka bahwa berbisnis juga bisa menjadi sukses,” kata Andre.

Tinggalkan Balasan