Kembali Hebohkan Dunia

AMRI RACHMAN DZULFIKRI/JABAR EKSPRES
DUO EKS CHELSEA: Michael Essien dan Carlton Cole saat berlatih di Stadion Arcamanik, Jalan Pacuan Kuda, Kota Bandung, Senin (17/4).

jabarekspres.com, BANDUNG – Kepemilikan Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS) pemain asing di Liga 1 sedang menjadi sorotan. Itu setelah terungkapnya status dua pemain mahal Persib Bandung, Michael Essien dan Carlton Cole, ternyata belum berizin.

Essien dan Cole diketahui masih belum memegang KITAS. Tapi, keduanya sudah bermain saat Persib bersua Arema FC, Sabtu 15 April 2017 lalu, di Stadion Gelora Bandung Lautan Api.

Tentunya, ini melanggar kesepakatan antara PT Liga Indonesia Baru dan Badan Olahraga Profesional Indonesia. Bukan hanya mengingkari kesepakatan, ada indikasi Essien, Cole, dan Persib, melakukan pelanggaran terhadap aturan terkait keimigrasian.

Bukan cuma Essien dan Cole, masih banyak pemain asing di Liga 1 yang belum memegang KITAS. PSM Makassar contohnya. Empat pemain asing mereka ternyata belum memegang KITAS.

”Kami terus memeriksa. Dalam hitungan kami, ada 25 pemain dari 11 klub yang belum pegang KITAS. Itu baru hitungan kami,”| kata Sekretaris Jenderal BOPI Heru Nugroho seperti dikutip dari VIVA.co.id.

BOPI akan terus mengawasi persoalan ini. Terkait ganjaran terhadap para pemain asing ‘bodong’, BOPI menyerahkan seluruhnya kepada Direktorat Jenderal Imigrasi.

”Dalam konteks ini, BOPI hanya mengeluarkan laporan. Kami melaporkannya pada Imigrasi dan terkait penindakan, mereka yang lebih berhak. Sebelumnya, ada perjanjian soal KITAS. Saya rasa PT LIB sudah melanggarnya,” terang Heru.

Terkait hal it, memang hampir di seluruh kompetisi top setiap negara, pemain asing baru bisa digunakan andai izin kerjanya sudah rampung. Premier League merupakan kompetisi yang paling tegas soal aturan ini.

Untuk diketahui, otoritas Premier League tak mengizinkan pemain asing berlaga jika mereka masih belum mengantongi izin kerja.

Makanya, nama besar Michael Essien sebagai pesepakbola termasuk menjadi sorotan media asing. Polemik ini muncul setelah Essien dan Cole dimainkan oleh Persib pada laga pembuka kontra Arema FC. Essien bermain dari awal, sedangkan Cole masuk sebagai pemain pengganti.

TIDAK ADA KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR