Kelulusan SNM PTN Diumumkan Siang Ini

jabarekspres.com, JAKARTA – Waktu yang ditunggu-tunggu 893 ribu pelamar seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) segera tiba. Siang nanti (26/4) pukul 14.00 pengumuman kelulusan SNM PTN diumumnya melalui website pengumuman.snmptn.ac.id. Selain itu pengumuman kelulusan juga dilansir di lama 12 PTN.

Ketua umum panitia SNM PTN Ravik Karsidi menjelaskan jumlah pelamar SNM PTN tahun ini mencapai 893.323 orang. Mereka tersebar di 18.002 unit sekolah. Jumlah pendaftar SNM PTN tahun ini lebih banyak dibandingkan tahun lalu yang tercatat 645.202 orang. Menurut Ravik penambahan pelamar ini diantaranya disebabkan karena ada penambahan kampus maupun prodi baru.

Terkait dengan statistik kelulusan, Ravik belum bersedia memberikan penjelasan. Dia mengatakan rencananya pagi ini panitia SNM PTN secara resmi akan mengumumkan hasil penilaian kepada publik.

’’Harap bersabar. Peserta bisa melihat sendiri pengu­mumannya besok (hari ini, Red) pukul 14.00,’’ jelasnya.

Tahun lalu jumlah peserta lulus SNM PTN mencapai 115.178 pelamar. Sementara untuk SNM PTN 2015, pe­serta lulus berjumlah 137.005 pelamar. Meskipun belum ada informasi resmi, kuota lulus SNM PTN tahun ini masih di kisaran 100 ribu kursi.

Untuk mengantisipasi terjadi­nya akses yang lambat, karena traffic tinggi, panitia membuka banyak akses pengumuman SNM PTN (mirroring). Di antaranya di website SNM PTN resmi mi­lik ITS, Unair, ITB, UGM, dan UI. Kemudian di laman SNM PTN resmi milik Unhas, Unand, Un­syah, serta IPB.

Terkait dengan penilaian SNM PTN, Ravik menjelaskan tetap menggunakan nilai raport dan prestasi akademik siswa lainnya. Selain itu Ravik menjelaskan semua pendaftar SNM PTN ha­rus ikut Ujian Nasional (Unas) 2017. Terkait teknis pembobotan nilai unas, Ravik mengatakan diserahkan ke masing-masing rektor perguruan tinggi negeri.

Sementara itu, Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Pus­pendik) Kemendikbud Nizam menjelaskan, secara formal memang tidak ada kegiatan penyerahan nilai unas ke pa­nitia SNM PTN. Tetapi untuk seleksi lainnya, setiap PTN juga bisa menggunakan nilai unas untuk pertimbangan kelulusan. (wan/rie)

Tinggalkan Balasan