KB Mendukung Perencanaan Keluarga

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Untuk menekaan laju pertumbuhan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPKBP3A) akan terus menyosialisasikan program-program keluarga Berencana (KB) ketengah masyarakat.

Kasie Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga pada DPKBP3A KBB, Asep Badrun Muin mengungkapkan, program KB sangat penting untuk membentuk keluarga sejahtera. Sebab dengan mengikuti program KB perencaanaan keluarga akan terjamin.

Untuk melakukannya ini, pihaknya akan mengajak masyarakat khususnya mereka yang memiliki usia pernikahan dengan cara melakukan pembinaan dan edukasi secara kreatif.

“Kita akan terjun langsung ke daerah-daerah denagan dibantu tenaga penggerak lini lapangan di tingkat desa agar program KB kepersertaannya selalu meningkat setiap tahunnnya,”jelas Asep ketika ditemui kemarin (27/10)

Selain itu, pihaknya juga akan memberikan pemahaman tentang Komunikasi Informasi Edukatif dan Kreatif pada 2017. Sehingga, harapannya, masyarakat yang ikut program KB ini terus meningkat.

Dirinya menilai, masyarakat harus memaahami program KB yang terus di gaungkan memiliki maksud dan tujuan terhadap tatanan kependudukan secara nasional. Bahkan, KB tidak saja memiliki kepentingan pemerintah tetapi kepentingan keluarga yang mengikuti program.

Selain itu, pemahaman pentingnya memiliki dua anak cukup harus benar-benar dipahami oleh masyarakat. Sehingga, dapat menjamin anak untuk lebih mendapatkan pendidikan yang lebih layak dan terjamin.

“Program KB sangat menjamin soal pendidikan anak, karena dengan anak sedikit akan lebih fokus diperhatikan didorong kondisi ekonomi yang mencukupi,” jelas Asep.

Dirinya memaparkan, untuk jenis pilihan dari alat kontrasepsi sendiri memiliki banyak pilihan yang bisa di gunakan sesuai dengan kenyamanan di antaranya, implan, suntik, pil. Bahkan untuk alat kontrasepsi pria seperti Kondom dan sistem Vasektomi juga bisa dilakukan.

Sementara itu, Ketua Komisi IX DPR RI Dede Yusuf menambahkan, pihaknya bekerjasama dengan pemerintah terus mendorong akan pentingnya program KB bagi masyarakat. Sosialisasi setiap tahun terus dilakukan agar masyarakat lebih paham.

“Yang terpenting sekarang masyarakat bisa paham terlebih dahulu soal pentingnya KB. Sehingga jumlah pengguna KB akan bertambah,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan