Kampung KB Harus Terus Dibentuk

jabarekspres.com, CIMAUNG – Untuk menyosialisasikan program kependudukan ditingkat daerah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Wilayah Jawa Barat terus melakukan peningkatan kapasitas mitra kerja di Desa Warjabakti Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, Rabu (18/10).

Kepala Bidang Advokasi, Penggerakan dan Informasi BKKBN Kantor Perwakilan Jawa Barat. Yudhi Suryadhi mengatakan, tujuan sosialisasi untuk melakukan uji petik perkembangan kampung KB di Kabupaten Bandung.

Menurutnya, perkembangan program kampung KB di Kabupaten Bandung sudah sangat baik. Bahkan, akan menjadi menjadi percontohan bagi Kota/Kabupaten di Jawa Barat.

Selain itu, untuk meningkatkan kapasitas mitra kerja BKKBN pihaknya akan membantu dengan ikut menyosialisasikan dan fokus merealisasikan kampung KB.

Selain itu, BKKBN menyasar segmen remaja dalam program perencanaan keluarga sebagai upaya mengatur laju pertumbuhan penduduk.

Yudhi mengatakan, kebijakan pembangunan program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga (KKBPK) diarahkan pada revitalisasi program KB melalui peningkatan kuantitas dan kualitas kesertaan dalam program KB.

Selain itu, kata dia, upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dengan pengokohan ketahanan keluarga melalui pendewasaan usia perkawinan, program pembinaan keluarga dan peningkatan ekonomi keluarga.

BKKBN, menggarap inovasi pengembangan program KKBPK dengan melibatkan intervensi lintas sektor melalui kampung KB yang melibatkan berbagai instansi. “Kami menargetkan, bisa membentuk kampung KB, satu kampung KB di tiap kecamatan,” katanya.

“Target itu bisa dicapai meski jumlah kecamatan yang ada di Jabar tersebar di 558 wilayah. Program ini, diterapkan di daerah yang populasinya dianggap sudah padat sehingga pembanguan berwawasan kependudukan dilaksanakan bersama warga setempat,”Kata dia.

Sementara itu, Anggota DPRD Kabupaten Osin Permana mengatakan, adanya program kampung KB di semua wilayah Kabupaten Bandung sangat baik. Sebab dengan berdirinya Kapung KB diharapkan masyarakat nantinya akan semakin sejahtera dan terjamin kesehatannya.

Menurutnya, dengan program kampung KB akan meningkatkan kepedulian masyarakat dan sebagai Institusi yang menangani Program mendapat perhatian khusus seperti, stagnasi pencapaian program dan semakin melemahnya implementasi program dilini lapangan.

Dengan begitu, program Kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan program KKBPK secara utuh.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan