Kadin Buka Ruang Konsultasi Bisnis

bandungekspres.co.id, SOREANG – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Bandung meluncurkan Layanan Konsultasi Bisnis (LKB) dan inkubator bisnis gratis bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Menurut Ketua Kadin Kabupaten Bandung, Ferry Sandiyana tujuannya untuk membantu  para pelaku usaha agar mampu mengatasi kendala bisnis sehingga lebih siap menghadapi persaingan global.

Selama ini, sebut dia para pelaku UMKM seringkali mengalami berbagai permasalahan klasik. Seperti kesulitan pemasaran, kemasan hingga sulit mengakses bantuan permodalan dari perbankan.

”Untuk membantu para pelaku UMKM mencari solusi dari berbagai permasalahannya ini, kami meluncurkan LKB. Kami memberikan konsultasi bisnis gratis, dan konsultasi ini diberikan oleh para pengusaha yang bersertifikat,” kata Ferry, dalam jumpa persnya di Kantor Kadin Kabupaten Bandung di Jalan Raya Soreang, Selasa (7/3)

Dikatakan Ferry, selain konsultasi bisnis gratis, Kadin juga melakukan pembinaan dan berbagai pelatihan bisnis bagi para pelaku UMKM. Mulai dari managemen, pemasaran, pengemasan produk, pengembangan  jaringan bisnis dan lainnya. Tak hanya itu saja, jika setelah dilakukan pembinaan dan pendampingan usaha dari UMKM ini cukup prospektif, Kadin Kabupaten Bandung bisa memberikan bantuan permodalan.

”Pembinaan dan pendampingan bisnis ini sangat penting. Sehingga, kami pun menyiapkan para pengusaha yang telah bersertifikat sebagai konsultan dan coach. Mereka itu paham sekali dengan berbagai permasalahan di lapangan, karena memang mereka juga praktisi. Inilah salah satu keunggulannya, akan beda jika konsultannya dari akademisi misalnya, materi yang diberikan terkadang ada gep di lapangan,” ujarnya.

Senada disampaikan Direktur LKB Kadin Kabupaten Bandung, Adrian Jumastopo mengatakan kendala yang selama ini dialami oleh para pelaku UMKM, biasanya selalu berkutat dimasalah permodalan. Tapi sebenarnya, ada beberapa masalah yang tak kalah penting untuk memajukan suatu usaha. Seperti manajemen, kemasan produk, pemasaran, jaringan usaha serta beberapa faktor lainnya. Sehingga, konsultasi ini merupakan solusi atas permasalahan yang selalu dihadapi oleh para pelaku UMKM, khususnya di Kabupaten Bandung.

Program konsultasi bisnis bagi UMKM ini, lanjut Adrian merupakan hasil kolaborasi Kadin Kabupaten Bandung dengan Yayasan Pro Indonesia, yang menghasilkan certified business coach. Dimana para coach ini memiliki kemampuan analisa bisnis mumpuni menggunakan metode smart business map. Sehingga, bisa memberikan solusi bagi permasalahan UMKM secara komprehensif, terarah dan terukur.

Tinggalkan Balasan