Kabupaten Sukabumi Raih Penghargaan PKH

jabarekspres.com, SUKABUMI – Kabupaten Sukabumi mendapatkan penghargaan pendamping PKH berprestasi dari Kementerian Sosial. Penyerahan penghargaan dilakukan di Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung.

“Penghargaan ini sebagai bukti dan komitmen Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam Program Keluarga Harapan. Sasaran dalam kegiatan ini melalui pemberian bantuan kepada masyarakat yang tidak mampu, kesehatan, dan pendidikan,” ungkap Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono yang menerima langsung penghargaan itu, kemarin (26/7).

PKH merupakan program perlindungan sosial melalui pemberian uang non-tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) yang memiliki ibu hamil/nifas/menyusui dan/atau memiliki anak balita atau anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan SD dan/atau memiliki anak usia SD dan/atau SMP dan/atau anak usia 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar. Peserta PKH akan menerima bantuan apabila menyekolahkan anaknya dengan tingkat kehadiran tertentu, memeriksakan kesehatan dan/atau memperhatikan kecukupan gizi dan pola hidup sehat anak dan ibu hamil. Program semacam ini secara internasional dikenal sebagai Program Conditional Cash Transfers atau Program Bantuan Tunai Bersyarat.

Di Jawa Barat, daerah yang mendapatkan penghargaan pendamping PKH berprestasi dan penghargaan kepada pimpinan daerah kabupaten/kota yang telah bersinerji dengan Program PKH dalam bentuk dukungan anggaran melalui APBD yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Sukabumi. Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, hadir pada kesempatan itu. Aher, sapaan akrabnya, berkenan menyerahkan penghargaan. Hadir dalam kesempatan itu Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial RI, Arif Hikmat.(hyt/rls)

Tinggalkan Balasan