Juni Diprediksi Puncak Inflasi Dampak Simultan Kenaikan Listrik dan Bahan Pokok

jabarekspres.com, JAKARTA – Jika pertumbuhan ekonomi tinggi, inflasi mendaki masih bisa ditoleransi. Namun, di tengah perekonomian yang belum pulih benar seperti saat ini, inflasi menjadi ancaman yang tidak bisa dikesampingkan.

Saat ini pemerintah lah yang perlu bekerja ekstrakeras untuk mengantisipasi tekanan inflasi. Sebab, momen kenaikan tarif listrik berbarengan dengan momentum Ramadan yang merupakan siklus rutin pemicu inflasi. Ekonom SKHA Institute for Global Competitiveness Eric Alexander Sugandi memprediksi puncak tekanan inflasi terjadi Juni mendatang.

Eric menuturkan, akan terjadi efek simultan dari kenaikan tarif listrik pada Juni nanti. ’’Tapi, forecast saya untuk inflasi Mei 2017 di level 0,3 persen mtm (month-to-month) atau 4,2 persen yoy,’’ ucapnya.

Tarif listrik untuk kelompok pelanggan daya 900 volt ampere (VA) periode 1 Mei kembali naik sebesar 30 persen. Kenaikan itu sesuai kebijakan pemerintah mencabut subsidi listrik secara bertahap bagi kelompok pelanggan 900 VA. ’’Yang dilakukan pemerintah saat ini adalah membuat subsidi listrik tepat sasaran, bukan menambah beban masyarakat,’’ kata Kepala Biro Komunikasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sujatmiko beberapa waktu lalu. Pencabutan itu mengacu Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 28 Tahun 2016 tentang tarif listrik yang disediakan oleh PLN.

Penyesuaian tarif listrik golongan rumah tangga 900 VA dilakukan secara bertahap tiap dua bulan menuju tarif keekonomian dengan besaran sekitar 30 persen. Penyesuaian tersebut dilakukan sejak 1 Januari 2017. Saat itu tarif listrik naik menjadi Rp 791 per kilowatt hours (kWh).

Kemudian, ada kenaikan lagi pada 1 Maret 2017 menjadi Rp 1.034 per kWh. Kali ini, per 1 Mei 2017, tarif listrik pelanggan 900 VA naik dari Rp 1.034/kWh menjadi Rp 1.352 per kWh. Setelah ini, pemerintah akan menaikkan kembali tarif listrik bagi pelanggan kapasitas 900 VA mulai 1 Juli 2017.

Sejalan dengan hal itu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju inflasi untuk April tahun ini adalah 0,09 persen. Sementara itu, inflasi sepanjang tahun tercatat 1,28 persen dan inflasi tahun ke tahun 4,17 persen.

Dilihat dari komposisinya, komponen volatile foods mengalami deflasi 1,26 persen. Lantas, komponen administered price masih mengalami inflasi 1,27 persen.

Penyumbang inflasi terbesar berasal dari kenaikan tarif dasar listrik (TDL) tahap kedua serta kenaikan tarif angkutan udara, besin, dan rokok.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan