Job Fair Tekan Pengangguran

jabarekspres.com, SOREANG -Job Fair merupakan acara bursa lowongan kerja yang dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi (Disnakertrans) kabupaten Bandung. Dalam acara job fair ini bisa menyerap sedikitnya 9.000 -11.000 lowongan kerja di berbagai bidang. Upaya ini, diyakini akan menekan angka pengangguran di kabupaten Bandung. Terbukti pada tahun 2012 angka pengangguran mencapai 11.61 persen, tahun 2013 mencapai 10,12 persen, tahun 2014 mencapai 8,08 persen dan tahun 2015 pengangguran mencapai 4.03 persen.

Hal itu diungkapkan kepala dinas tenaga kerja dan transmigrasi kabupaten Bandung, kepada wartawan baru baru ini. “Guna mengurangi tingkat pengangguran, Pemkab Bandung kembali menjalin kerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk menggelar bursa kerja (Job Fair),”kata Kadisnakertrans Kabupaten Bandung, Rukmana Alam Sakti.

Menurut UU, sapaan Kadisnakertrans, dalam even job fair ini tidak kurang 50 perusahaan turut dalam kegiatan tersebut. “Karena itulah kami mengharapkan kegoiatan serupa akan dilaksanakan kembali bulan mendatang,”papar Rukmana Alam Saksi.

Dia mengaku tahun lalu kegiatan itu dipusatkan di Dome Bale Rame-Soreang. Dalam even itu, Disnakertrans yakin akan banyak perusahaan membuka stand lowongan kerja di acara tersebut. Perusahaan yang akan berpartisipasi dalam job fair tersebut terdiri dari makanan-minuman, farmasi, perbankan garmen, tekstil, properti, jasa dan bidang lainnya.

“Untuk acara job fair ini ternyata memang semakin hari semakin meningkat saja. Tahun lalau saja dari 53 perusahaan. Makanya untuk tahun ini kami pun berencana untuk kembali menggelar kegiatan ini,”terangnya.

Dia mengatakan sumber daya manusia SDM tingkat pendidikan bagi para pencari kerja mencakup tingkat SD sampai S2. Posisi yang ditawarkan di job fair itu cukup beragam. HRD, akunting, dan pengawas dan operator. Volume penyerapan pencari tenaga kerja katanya, bisa optimal ketika informasi soal kesempatan kerja bisa sampaikan.

“Jumlah penduduk Kabupaten Bandung saat ini sebesar 3,4 juta jiwa. Jadi angkatan kerjanya bisa mencapai angka 2 juta jiwa. Upaya inilah yang kita lakukan agar pengangguran itu bisa menyerap tenaga kerja di job fair ini,”terangnya.

Pembiayaan kegiatan job fair yang diselenggarakan Disnakertrans ini berasal dari anggaran pemerintah kabupaten Bandung 2016. (gun)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan