Jeruji Disidang Pengadilan Musik DCDC

jabarekspres.com, BANDUNG – Pengadilan musik DCDC kembali menggelar pengadilannya dengan menjadikan Jeru­ji sebagai terdakwa. Untuk menjelaskan tur perjalan ke Eropa dan merilis al­bum baru yang berjudul stay true yang menjadi album kelimanya.

Era tahun 90-an meru­pakan waktu di mana per­kembangan musik bawah tanah Indonesia, khus­usnya di Kota Bandung mangalami masa keema­san. Sejumlah band-band ekstrim beunculan dan menjadi tonggak awal perkembangan musik yang berpengaruh.

Hakim dari pengadilan tersebut Man Jasad men­gatakan, bahkan higa kini Jeruji adalah salah satu band yang memegang pe­ranan penting di ranah independen tanah air. Menjajal panggung demi panggung hingga berumur dua dekade di tahun ini.

”Jeruji membuktikan bahwa karya mereka merupakan manifestasi dari totalitas dan kapa­bilitas yang luar biasa, dan tentunya memberi dampak signifikan di per­tumbuhan musik bawah tanah Indonesia, khus­usnya hardcore-punk,” kata Man saat memimpin peradilan di Kafe Panas Dalam Jalan Ambon.

Sementara pentolan Jeruji, Agie mengatakan sepanjang perjalanannya band asal Bandung ini pernah mengalami bebe­rapa perombakan personel dan berada di masa hiatus selama Lima tahun, per­gerakan Jeruji kembali terdengar di tahun 2016. “Ginan Koesmayadi seba­gai vokalis baru,” terangnya.

Album baru Stay True mengandung banyak makna dan salah satunya, siapa pun yang mendengar­kan, menikmatknya bahwa ini lah jeruji. ”Ini album kelima kami, dengan mengangkat isu war on drugs,” jelasnya.

Selain itu Jeruji kem­bali memberi gebrakan yang patut di perhatikan. Pada April 2017, jeruji mengibarkan bendera Indonesia di tanah Erofa melalui “20th Annivers­ary European Tour 2017”.

”Kita bertolak ke-7 ne­gara Perancis, Belgia, Hung­garia, Polandia, Jerman dan Austria. Dan tur ini diselenggarakan selama hampir satu bulan di Dua puluh titik berbeda yang tersebar di Tujuh negara tersebut,” ungkapnya.

Diselenggarakan tur ini merupakan hasil re­spon dari undangan atas promotor asal ceko, Death Noise yang sudah mengajak jeruji untuk melakukan tur sejak tahun lalu.(van/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan