Jelang Pilkada Keamanan Ditingkatkan

bandungekspres.co.id, CIMAHI – Polres Cimahi tingkatkan pengamanan logistik Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Cimahi 2017. Terlebih saat ini keperluan logistik di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cimahi yang berlokasi di Jalan Pesantren ini sudah lengkap.

Untuk logistik yang sudah lengkap tersebut diantaranya, kertas surat suara, tinta, alat coblos, segel, hologram, bilik suara, kotak suara, sampul dan lainnya.

Kabag Ops Polres Cimahi Kompol Djarot Sungkowo mengatakan, pihaknya tidak ingin ada hal yang mengganggu jalannya pesta demokrasi lima tahunan ini. ”Kami meningkatkan pengamanan logistik, khususnya surat dan kotak suara agar tercipta Pilkada yang aman dan damai,” kata Djarot, kemarin.

Meski saat ini situasi kamtibmas di Cimahi dinilai aman terkendali, namun menurutnya, pengamanan logistik suara harus tetap dioptimalkan. Untuk pengamanan, jumlah personil yang disiagakan di area kantor KPU pihaknya menurunkan sebanyak 6 personil dari Polsek-Polsek jajaran dan dibantu oleh personil dari Polres Cimahi yang berjaga secara bergantian. Agar bilamana terjadi suatu hal yang tidak diinginkan bisa langsung tersambung ke Mapolres.

Pihaknya sengaja tidak menurunkan banyak personil karena dikhawatirkan malah menjadi pusat perhatian karena banyaknya polisi yang berjaga di lokasi penyimpanan logistik. ”Kita tetap akan siaga dalam kondisi apapun,” ujarnya.

Dia menambahkan pihaknya akan kembali meningkatkan jumlah personil pengamanan saat distribusi logistik nanti hingga tiba di seluruh lokasi Tempat Pengamanan Suara (TPS).

Untuk teknis penjagaannya, ia menjelaskan, dari 4 TPS yang jaraknya berdekatan akan disiagakan 2 anggota. Tapi jika tidak aman formasi itu akan dirubah. ”Jadi penjagaan di tiap TPS sifatnya kondisional,” jelasnya

Menurutnya, sejauh ini pihaknya sudah melakukan penambahan personel untuk penjagaan di kantor KPU sudah dilkukan Sejak tahapan pelipatan dan pengepakkan surat suara.  ”Kami telah meningkatkan pengawasan. Kami berharap, masyarakat juga bisa bekerjasama untuk sama-sama mensukseskan Pilkada Cimahi,” pungkasnya. (ziz/bun/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan