Jelang Lebaran, BPJS Permudah Prosedur Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Yang Mudik

jabarekspres.com, CIMAHI –  Sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan kepuasan peserta dalam hal memperoleh pelayanan kesehatan, menjelang hari raya idul fitri.

BPJS Kesehatan, menerapkan kebijakan khusus terkait prosedur pelayanannya. Para peserta JKN-KIS yang sedang mudik lebaran tahun ini, dijamin bisa memperoleh, pelayanan kesehatan dengan prosedur yang lebih sederhana. Oleh karenanya, para peserta JKN-KIS yang sedang mudik diimbau untuk selalu membawa kartu JKN-KIS.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik dapat berobat di luar wilayah tanpa harus melapor ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat. Untuk prosedurnya, peserta JKN-KIS dalam kondisi darurat maupun non darurat dapat langsung berobat ke IGD rumah sakit terdekat, yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” kata kepala BPJS, Kesehatan Cabang Cimahi, Yudha Indrajaya dalam konferensi pers, terkait Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan, di kantor cabang BPJS Jalan Sangkuriang, Kamis (15/6).

Menurut Yudha, Kebijakan penyederhanaan prosedur pelayanan kesehatan tersebut berlaku mulai 9 Juni sampai dengan 2 Juli 2017. Dengan diterapkannya kebijakan tersebut, peserta JKN-KIS yang sakit pada saat perjalanan mudik ataupun telah sampai ke tujuan tinggalnya, tidak harus melapor ke Kantor Cabang BPJS kesehatan setempat. Kebijakan tersebut mengacu pada prinsip portabilitas yang diemban BPJS Kesehatan.

“Penting diketahui bahwa pelayanan kesehatan tersebut hanya berlaku bagi peserta JKN-KIN yang sedang mudik dan status kepesertaan aktif. Karena itu, mohon agar peserta memastikan telah membayar iuran dan disiplin membayar iuran agar status kepesertaannya selalu aktif. Untuk mengecek iuran peserta, dapat dilakukan melalui apilkasi BPJS Kesehatan Mobile pada Menu cek iuran. Sedangkan untuk daftar fasilitas kesehatan dapat dilihat di website BPJS Kesehatan, Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, atau melalui Care Center BPJS 1500400,” katanya.

Untuk memastikan kelancaran peserta dalam memperoleh pelayanan kesehatan yang diperlukan BPJS Kesehatan juga menciptakan Aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di download secara gratis di Google Play Store. Di dalamnya terdapat nomor telepon penting, alamat kantor BPJS, fasilitas kesehatan mitra BPJS, tanya jawab BPJS, info BPJS, tips BPJS, lokasi-lokasi penting serta media sosial BPJS Kesehatan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan