Jangari Akan jadi Kawasan Wisata Air

jabarekspres.com, CIANJUR – Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten Cian­jur bakal memadukan wisata Jangari dengan pusat olahraga untuk penataan kawasan tersebut.

Waduk Jangari terletak di Kampung Jangari Desa Bobojong KEcamatan Mande Kabu­paten Cianjur. Jangari meruoakan bagian dari Waduk Cirata yang wilayahnya masuk ke Kabupaten Cianjur.

Kepala Disparpora Kabupaten Cianjur, Yeyen Rohyanda mengatakan, program pena­taan Jangari ialah menjadikan kawasan wisata air, dengan menggaet investor. Lahan yang di­gunakan ialah lahan bekas perkebunan yang dimohonkan kembali pada pemerintah.

“Jadi sudah ada investor yang mengajukan diri ke pemerintah. Kami menyambut baik, namun bertahap, sebab izinnya harus dileng­kapi dulu untuk bisa kembali mengelola kawasan tersebut,” ucapnya.

Menurutnya, konsep wisata Jangari bakal memadukan wahana air dengan pusat olah­raga. Segala kebutuhan atau fasilitas olahraga akan terpadu dengan kawasan wisata.

“Keduanya akan dipadukan dengan pena­taan yang sangat apik, sehingga jadi tujuan semua orang, baik dalam kota maupun luar kota. View-nya juga bagus,” ucap dia.

Dia mengatakan, konsep itu masih dalam proses kajian oleh tim pengkaji, sebab memadukan konsep pengembangan wisata tersebut tidak mudah. Apalagi nanti kawasan itu akan terkoneksi dengan sirkuit balap, baik sepeda motor atau mobil.

Namun lanjut dia, perlu juga kesadaran warga supaya lahan HGU tersebut tidak dibuat kumuh dengan padatnya jaring apung ataupun kios-kios. Sehingga menyulitkan penataan akibat padatnya jaring apung.

“Anggaran sudah disiapkan tinggal nanti melaksanakan,” tutup dia.(bay/tts)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan