Jalur Selatan Mulai Ramai Pemudik

Terpisah, Staf Khusus Kementerian Perhubungan, Buyung Lalana, mengatakan, pada musim mudik Lebaran 2017 diprediksi terjadi lonjakan kendaraan pemudik sebesar 14% dibanding tahun sebelumnya.

Untuk menekan jumlah kendaraan pemudik terutama sepeda motor, Kementerian Perhubungan menyiapkan angkutan gratis bagi sepeda motor pemudik.

Kendaraan roda dua tersebut akan diangkut menuju Semarang dan Surabaya dengan menggunakan truk dan kapal. “Ini gratis. Motor pemudik bisa dititipkan di truk dan kapal khusus pengangkut,” katanya.

Lebih lanjut dia katakan, seluruh pihak terkait terus berupaya untuk mencegah kemacetan. Salah satunya dengan menambah gardu keluar di Gerbang Tol Brebes.

Dirinya menambahkan, tambahan 10 gardu keluar di tol yang menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur ini. Selain itu, menurutnya akan diberlakukan buka tutup di ruas Jalan Tol Palimanan, Cirebon.

“Kalau di Brebes ada kemacetan yang luar biasa, pintu masuk Tol Palimanan akan ditutup,” katanya seraya menyebut pihaknya akan menyiagakan seluruh petugasnya untuk berjaga di lapangan. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan