Jalur Independen Harus Miliki Dukungan 76 Ribu Orang

jabarekspres.com, NGAMPRAH – Jumlah dukungan untuk calon kepala daerah melalui jalur independen ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat minimal memiliki dukungan sebanyak 76.000 orang. Jumlah itu berdasarkan perhitungan 6,5 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Presiden sebelumnya.

”Jumlah tersebut sesuai dengan Peraturan KPU, yakni 6,5 persen dari DPT Pilpres. Namun, dukungan itu juga bisa berasal dari pemilih pemula, asalkan sudah masuk DP4 (Daftar Pemilih Potensial Pemilu),” kata Ketua KPU KBB Iing Nurdin, kemarin (23/8).

Iing menyebutkan, jumlah DPT pada Pilpres sebelumnya yaitu 1.175.543 orang. Sehingga 6,5 persen dari jumlah tersebut, sekitar 76.000 orang. Meski demikian, pemilih pemula yang tak masuk DPT masih bisa masuk dalam dukungan independen selama sudah tercatat di DP4.

Lebih jauh Iing menjelaskan, jumlah dukungan tersebut untuk satu pasangan calon, bukan salah satu calon. Dengan demikian, saat mendaftar ke KPU nanti, calon independen harus sudah satu paket atau dua orang. ”Kalau sekarang mendaftar hanya satu orang tidak dibolehkan lagi, tapi harus pasangan calon,” terangnya.

Iing mengungkapkan, sesuai dengan tahapan Pilkada, penyerahan syarat dukungan bagi calon independen akan dilakukan pada 5-9 November 2017. Di ahkir Agustus ini, dia berharap jumlah dukungan untuk calon independen bisa ditetapkan. Dengan begitu, pada September bisa dilakukan verifikasi.

Dia menambahkan, saat ini KPU sedang menyosialisasikan tahapan Pilkada Kabupaten Bandung Barat kepada masyarakat. Hal ini seiring dengan telah cairnya anggaran Pilkada serentak dari pemerintah. ”Anggaran pilkada serentak totalnya Rp 45 miliar, dicairkan dalam dua tahap. Tahap pertama Rp 15 miliar tahun ini dan sisanya tahun depan,” ungkapnya.

Sementara itu, sejauh ini bakal calon independen di KBB belum banyak bermunculan. Baru artis Adly Fairuz yang mendeklarasikan diri untuk maju sebagai wakil bupati dari jalur independen. Adly mengatakan, niatnya maju dari independen karena merasa jauh lebih bebas daripada harus maju melalui partai. Menurut dia, belum tentu juga partai mewakili suara masyarakat walaupun diakuinya banyak partai yang menggodanya untuk mau bergabung. ”Doakan saja saya akan melalui jalur independen,” pungkasnya. (drx/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan