Jajal Kemampuan Alutsista Dalam Negeri, Lintasi Danau Pakai Anoa

bandungekspres.co.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Paser Anoa Amphibi buatan PT Pindad memiliki kualitas bagus dan tidak mengecewakan. Keyakinan itu saat dia mencoba menaiki Paser Anoa Amphibi pada saat acara Rapat Pimpinan TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, kemarin (16/1).

Ketika itu Panser Anoa ini membawa orang nomor satu di Indonesia tersebut ke dalam danau dan jalan darat. Di atas Panser itu mantan Gubernur DKI Jakarta ini tidak sendirian. Dia ditemani oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan tiga kepala staf matra TNI, yakni KSAD, KSAL, dan KSAU.

Jokowi mengatakan, , pada saat Panser Anoa Amphibi tersebut masuk ke dalam danau dirinya sempat panik dan khawatir. Namun dia percaya kalau produk buatan anak bangsa tidak akan mengecewakan.

”Anoa amphibia, bagus sekali. Tank bisa masuk ke air bagus. Tadi juga semuanya deg-degan. Tapi saya yakin, produk itu memiliki kualitas,”  ujar Presiden Jokowi di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, kemarin (16/1).

Mantan Wali Kota Solo itu pun kagum dengan kehebatan Paser Anoa Amphibi tersebut. Karena bisa dioperasikan baik di dalam air ataupun di darat. ”Sangat senang sekali ke darat tadi,” katanya.

Sebelumnya, pantauan di lokasi, Presiden Jokowi sebelum hadir dalam acara Rapim TNI itu, terlebih dahulu menaiki Panser Anoa Amphibi yang diproduksi oleh PT Pindad.

Panglima TNI sesaat setelah turun dari kendaraan tempur produksi Pindad ini menegaskan kemampuan industri pertahanan dalam negeri. ”Kehadiran Bapak Presiden di Anoa Amphibious merupakan pesan kuat bahwa industri alutsista dalam negeri sudah mampu menghadirkan kendaraan tempur amphibi, yang perlu kita dukung untuk mewujudkan kemandirian industri pertahanan,” ujar Jenderal Gatot Nurmantyo.

Anoa Amphibious merupakan pengembangan lebih lanjut dari kendaraan tempur 6×6 produksi awak Pindad. Direktur Utama Pindad, Abraham Mose mengaku, mengapresiasi terhadap delegasi VVIP yang menjadi penumpang Anoa Amphibious tersebut.

”Bapak Presiden dan Panglima TNI beserta para Kepala Staf Angkatan telah membukitkan sendiri keandalan produk anak negeri yang juga dikemudikan oleh prajurit Korps Wanita AD. Hal ini menunjukkan produk Pindad yang user-friendly bagi berbagai lapisan pengguna di TNI,” tutur Abraham.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan